Fitur Stories Telegram Baru Bisa Digunakan oleh Pengguna Premium
Tampilan fitur Stories Telegram. (Foto: Tangkapan layar/Dinda) 

Bagikan:

JAKARTA - Seperti yang dijanjikan bulan lalu, fitur Stories baru Telegram akhirnya telah diluncurkan sekarang, tetapi hanya tersedia untuk pengguna Premium saja.

"Anda pikir saya akan melupakan itu? Ada tombol + di bagian atas daftar obrolan Anda untuk memposting Stories. Saat ini, hanya pengguna Premium yang dapat memposting Stories," tulis Telegram dalam tweetnya.

Fitur ini diumumkan pertama kali pada bulan Juni lalu, saat itu pendiri Telegram Pavel Durov mengatakan bahwa peluncuran fitur Stories ini adalah karena banyaknya permintaan dari para pengguna.

"Selama bertahun-tahun, pengguna kami telah meminta kami untuk mengimplementasikan Stories di Telegram. Awalnya, kami menentang ini karena Stories sudah ada di mana-mana. Namun, Telegram tidak akan menjadi Telegram jika kami tidak mendengarkan pengguna kami dan tidak berinovasi pada format yang ada," kata Durov kala itu.

Berdasarkan demo yang dibagikan, cara kerja Stories Telegram sama seperti Stories di platform lain, Anda dapat membuat cerita, membalas dan juga memberikan reaksi. Bedanya, hanya pengguna Premium atau orang yang berlangganan saja yang bisa melihat fitur ini.

Berdasarkan pantauan VOI, pengguna gratis mungkin akan melihat tab Stories baru ketika membuka opsi tiga garis di bagian kiri atas layar. Tapi, yang bisa membuat Stories hanyalah pengguna Premium saja.

Jadi, jika Anda ingin mencoba membuat Stories di Telegram, Anda bisa membayar biaya langganan Telegram dengan harga Rp59 ribu per bulan atau Rp499 ribu per tahun.