Meta Perpanjang Durasi Reels di Facebook Jadi 90 Detik Sekaligus Hadirkan Fitur Baru
DOK META

Bagikan:

JAKARTA - Meta meluncurkan pembaruan pada Reels di Facebook dengan memperpanjang durasi maksimum menjadi 90 detik, naik dari 60 sekaligus menambahkan alat kreatif baru.

Perubahan tersebut terjadi beberapa bulan setelah Meta meluncurkan dukungan untuk Reels di Instagram yang berdurasi sama, 90 detik.

Langkah ini diduga karena melihat pesaingnya, TikTok telah menaikkan durasi video selama 10 menit, bukan tiga menit.

Selain itu, perusahaan juga meluncurkan lebih banyak alat kreatif, termasuk fitur template baru dimana pengguna dapat membuat Reels dengan template yang sedang tren. Template ini agak mirip dengan opsi template yang dimiliki TikTok.

Reels di Facebook juga mendapatkan fitur yang dapat menyinkronkan klip dengan sebuah lagu yang disebut Grooves. Meta mengatakan, fitur itu menggunakan teknologi ketukan visual yang secara otomatis menyinkronkan serta menyelaraskan gerakan dengan ketukan lagu.

Menyinkronkan video ke suara telah menjadi ciri khas TikTok, jadi tidak mengherankan jika Meta juga akan membawanya ke Reels di Facebook dan Instagram.

Perlu dicatat, semua fitur Reels baru ini pertama kali masuk ke Instagram lebih dari tujuh bulan yang lalu, dan sekarang dirilis di Facebook, seperti dikutip dari TechCrunch, Sabtu, 4 Maret.

Kemungkinan, Meta ingin melihat bagaimana mereka digunakan atau mendapat respons di Instagram Reels sebelum membawanya ke Facebook Reels.

Di samping itu, Meta juga mengklaim Reels adalah format yang tumbuh paling cepat dan terus tumbuh dengan cepat. Pemutaran Reels di Facebook dan Instagram meningkat lebih dari dua kali lipat selama setahun terakhir.

Pembagian ulang Reels turut meningkat lebih dari dua kali lipat di Facebook dan Instagram dalam enam bulan terakhir. Meta berencana untuk terus meluncurkan fitur baru pada Reels agar konten kreator lebih mudah ditemukan.