Mengenal Meta Verified, Lencana Verifikasi Berbayar untuk Pengguna Facebook dan Instagram
Ilustrasi verifikasi berbayar Meta (foto: Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Chairman dan CEO Meta Platform Inc., Marck Zuckerberg mengumumkan layananan berlangganan baru untuk Facebook dan Instagram bernama Meta Verified. Dengan diluncurkannya layanan ini, pengguna yang ingin mendapatkan tanda centang biru di kedua platform media sosial tersebut diwajibkan untuk membayar biaya langganan per bulan.

"Selamat pagi! Pengumuman produk baru: minggu ini kami mulai meluncurkan Meta Verified - layanan langganan yang memungkinkan Anda memverifikasi akun dengan ID pemerintah, mendapatkan lencana biru," ujar Mark di broadcast channel-nya di Instagram, Minggu, 19 Februari.

Mengenal Meta Verified

Meta Verified adalah layanan centang biru atau lencana verifikasi berbayar untuk pengguna Facebook dan Instagram.

Layanan baru ini merupakan upaya Mark Zuckerberg untuk memonetisasi dua platform media sosial yang menginduk kepada Meta Platform Inc. Sepintas, layanan ini mirip dengan Twitter Blue yang telah diluncurkan lebih dulu oleh bos Twitter, Elon Musk.

Pengguna Facebook dan Instagram yang sudah mendapat lencana verifikasi, tidak dapat mengubah profil, nama pengguna, tanggal lahir, atau foto tanpa melalui proses verifikasi lagi. Akun yang diverifikasi sebelum pengumuman ini karena terkenal akan tetap diverifikasi.

"Fitur baru ini adalah tentang meningkatkan keaslian dan keamanan di seluruh layanan kami," ucap Mark.

Tanda centang biru telah lama menjadi salah satu fitur yang banyak diinginkan pemilik akun di platform media sosial. Centang biru sebelumnya hanya diperuntukkan bagi pengguna terkenal, seperti politisi, eksekutif, anggota pers, dan organisasi untuk menandakan legitimasi mereka.

Biaya Langganan Meta Verified

Mark Zuckerberg menjelaskan, pengguna Facebook dan Instagram yang ingin menggunakan layanan Meta Verified wajib mulai dari 11,99 dolar AS (187 ribu) per bulan di Web dan 14,99 dolar AS (Rp233 ribu) per bulan di iOS.

Harga langganan akan mencakup Instagram dan Facebook. Sayangnya fitur langganan baru ini baru saja diluncurkan di Australia dan Selandia Baru minggu ini. Namun, Mark mengatakan akan menjangkau ke lebih banyak negara di masa mendatang.

Lantas, apa keuntungan menggunakan layanan Meta Verified?

Pertama, pengguna akan mendapatkan perlindungan keamanan dari akun palsu. Fitur ini menyediakan akun proaktif bagi peniru identitas yang mungkin menargetkan pengikut atau followers yang terus bertambah.

Kedua, Mengonfirmasi keaslian akun, karena sudah diautitenfikasi dengan kartu identitas yang diterbitkan oleh pemerintah.

Ketiga, layanan Meta Verified menyediakan bantuan bagi pengguna untuk mendapatkan akses langsung ke dukungan pelanggan.

Ketiga, menyediakan bantuan saat Anda membutuhkannya dengan akses melalui akun asli untuk masalah akun umum.

Syarat Berlangganan Meta Verified

Syarat berlangganan Meta Verified, pengguna wajin memverifikasi identitas mereka dengan menggunakan kartu ID yang diteritkan oleh pemerintah alias KTP yang cocok dengan nama profil dan foto di akun Facebook atau Instagram. 

Lebih lanjut, perusahaan berbicara kepada Engadget bahwa langganan hanya akan tersedia untuk pengguna berusia 18 tahun ke atas saja.

Demikian informasi tentang Meta Verified, layanan centang biru untuk pengguna Facebook dan Instagram. Untuk mendapatkan berita menarik lainnya, baca terus VOI.ID.