Media Sosial Milik Meta Platform Inc., Sempat Dilaporkan Tumbang Bersamaan
Aplikasi media sosial milik Meta Platforms Inc sempat padam bersamaan. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Aplikasi media sosial milik Meta Platforms Inc  tampaknya sudah kembali aktif setelah menghadapi gangguan singkat di Amerika Serikat pada Rabu, 25 Januari. Hal ini diketahui dari data di situs web pelacakan pemadaman Downdetector.com.

Pada puncak pemadaman, terdapat lebih dari 17.000 laporan pengguna yang menunjukkan masalah dengan Instagram di Amerika Serikat, pada 23.52 GMT. Sementara terdapat lebih dari 13.000 insiden dilaporkan untuk aplikasi Facebook. Bahkan  laporan pemadaman juga melonjak secara singkat untuk WhatsApp dan Facebook Messenger pada waktu yang bersamaan. Pemadaman seperti ini, empat platform sekaligus, selama ini jarang terjadi.  

Downdetector melacak pemadaman dengan menyusun laporan status dari beberapa sumber termasuk kesalahan yang dikirimkan pengguna pada platformnya.

Pemadaman platform Big Tech ini tidak jarang terjadi karena beberapa perusahaan mulai dari Google Alphabet Inc  hingga Microsoft Corp akhir-akhir ini juga telah mengalami gangguan layanan.

Microsoft terpukul dengan gangguan jaringan sebelumnya pada  Rabu 25 Januari yang menurunkan platform cloud Azure bersama dengan layanan seperti Teams dan Outlook, yang memengaruhi jutaan pengguna secara global.

Sementara Meta tidak segera menanggapi permintaan komentar dari Reuters, tentang pemadaman itu.