Simak Tips untuk Menghemat Penggunaan Baterai di <i>Smartphone</i> Anda!
Cara menghemat penggunaan baterai smartphone (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Salah satu aspek penting yang sering diperhatikan oleh beberapa orang dalam memilih smartphone adalah kapasitas baterainya. 

Meskipun saat ini banyak sekali merek yang menawarkan kapasitas baterai yang lebih besar dan tahan lama, kecemasan tentang kehabisan daya masih menjadi masalah umum bagi pengguna smartphone

Beberapa merek saat ini sudah menyediakan fitur-fitur yang berfungsi untuk menghemat pemakaian baterai Anda. Jika Anda ingin tahu bagaimana caranya, tips berikut ini mungkin bisa Anda coba sendiri. 

Gunakan Mode Hemat Daya (Power Saving Mode) 

Hampir di semua ponsel cerdas memiliki fitur ini untuk menjeda atau mengurangi fungsi, aktivitas, dan efek visual tertentu. Mode ini sangat cocok Anda terapkan jika ingin menghemat masa pakai baterai ketika baterai Anda hampir habis, terutama ketika Anda jauh dari pengisi daya. 

Kurangi Kecerahan Layar

Kecerahan layar menjadi salah satu faktor baterai Anda cepat habis. Semakin tinggi kecerahan maka semakin cepat juga baterai Anda akan habis, begitupun sebaliknya. 

Jadi, jika Anda ingin menghemat penggunaan baterai smartphone Anda, ada baiknya Anda menurunkan kecerahan layar atau terapkan mode kecerahan otomatis. 

Nonaktifkan Mode Always-On dan Kurangi Waktu Tunggu Layar

Karena layar adalah faktor penguras baterai terburuk, ada baiknya juga mengurangi berapa lama layar menyala. Pengaturan terendah bisa mengganggu, jadi pilihlah batas waktu yang sesuai untuk Anda.

Jika Anda pengguna iPhone, mungkin Anda dapat menonaktifkan fitur Always-On yang membuat ponsel Anda selalu menyala, agar penggunaan baterai tidak boros. 

Hindari Suhu Ekstrim

Suhu ekstrim seperti terlalu dingin atau terlalu panas dapat menjadi penyebab baterai Anda cepat rusak. Tidak banyak cara untuk menghindari faktor ini, namun cobalah untuk menghindari hal-hal seperti meninggalkan ponsel cerdas Anda di dasbor mobil atau kurangi penggunaan ponsel ketika matahari sedang terik-teriknya. 

Gunakan Mode Jangan Ganggu

Dengan fitur ini, Anda dapat menjadwalkan waktu henti reguler pada ponsel cerdas Anda. Menyetel waktu saat notifikasi dibatasi dapat membantu Anda tidur, fokus pada pekerjaan, dan beristirahat dari tuntutan terus-menerus, dengan manfaat tambahan bahwa baterai Anda akan bertahan lebih lama.

Aktifkan Mode Pesawat

Jika Anda terhubung dengan jaringan Wi-Fi, mungkin menggunakan mode pesawat adalah cara yang memungkinkan Anda untuk menghemat pemakaian baterai. Meski demikian, Anda harus paham bahwa dengan fitur ini, sinyal atau jaringan di kartu SIM Anda tidak akan dapat berfungsi. 

Temukan Penyebab Baterai Anda Cepat Habis

Jika Anda sudah mencoba beberapa tips yang sudah disebutkan sebelumnya, namun baterai smartphone Anda masih boros, mungkin Anda harus mencari tahu apa penyebab baterai Anda cepat habis. Ponsel cerdas kini memiliki bagan penggunaan baterai internal yang akan menunjukkan kepada aplikasi mana yang menyebabkan daya baterai cepat habis. 

Hapus dan Batasi Aplikasi

Jika Anda sudah menemukan aplikasi penyebabnya, Anda dapat memeriksa daftar aplikasi Anda dan mencopot pemasangan apa pun yang tidak Anda perlukan.