Miliarder Jepang Yusaku Maezawa Berencana Kelilingi Bulan dengan SpaceX Milik Elon Musk
Miliarder Jepang Yusaku Maezawa bersama Elon Musk.(foto: twitter @yousuck2020)

Bagikan:

JAKARTA - Miliarder Jepang Yusaku Maezawa mentweet pada Senin 5 Desember bahwa ia berencana untuk membuat "pengumuman besar" terkait ruang angkasa setelah pertemuan dengan pemilik SpaceX, Elon Musk.

Yusaku Maezawa, pendiri situs mode online Zozo Inc, telah menyelesaikan perjalanan wisata ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) dengan pesawat ruang angkasa Soyuz pada Desember tahun lalu. Kini ia  berencana untuk melakukan perjalanan mengelilingi bulan dengan perusahaan roket dan satelit milik Musk, SpaceX pada tahun 2023.

Pengusaha berusia 47 tahun itu mentweet bahwa dia telah mengadakan pertemuan online dengan Musk dan "sekarang dapat membuat pengumuman besar tentang luar angkasa pada 9 Desember".

Penggemar ruang angkasa kemungkinan akan menjadi penumpang pribadi pertama dalam misi bulan SpaceX dengan terbang lintas selama seminggu yang direncanakan pada tahun 2023, karena perusahaan komersial termasuk Blue Origin milik Jeff Bezos mengantarkan era baru perjalanan ruang angkasa untuk klien kaya.

Maezawa memperoleh kekayaannya dengan mendirikan pengecer mode online Zozo yang dibeli oleh bisnis internet, Softbank Group Corp.

Mengikuti tweet Maezawa, saham di Inclusive Inc yang menyediakan bisnis terkait luar angkasa dengan memanfaatkan data satelit, melonjak 11,7% menjadi ditutup pada 1.171 yen (Rp134 ribu).