Cara Jadi FYP di TikTok Agar Cepat Viral dari Sisi Konten dan Postingan
Ilustrasi TikTok (foto: Adweek)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Kini para konten kreator tengah berlomba-lomba untuk menjadikan konten mereka viral dengan menjadi FYP di platform TikTok. Anda juga bisa melakukannya, asal mengikuti beberapa cara jadi FYP di TikTok.

Patut diketahui, cara agar konten viral di TikTok harus mempertimbangkan dua poin, dari segi konten dan segi postingan.

Cara Jadi FYP di TikTok

Yang harus dipertimbangkan dari segi konten adalah hal-hal yang berkaitan dengan video TikTok itu sendiri seperti tema konten. Sedangkan dari segi postingan adalah hal-hal yang berkaitan postingan seperti memperhatikan waktu, memaksimalkan fungsi hastag, dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya simak uraian berikut ini.

Dari Segi Konten

Tahukah Anda bahwa TikTok memiliki algoritma yang berbeda dari platform lain seperti Instagram atau YouTube. Konten yang baik dan menarik akan masuk ke laman For You Page atau FYP TikTok. Untuk meraihnya pertimbangkan beberapa hal berikut ini.

  1. Perhatikan Kualitas Konten

Anda harus memperhatikan kualitas konten yang dibuat. Artinya Anda harus membuat konten yang menarik dan original. Selain itu jangan unggah video yang memiliki kualitas rendah, buram, atau pecah dengan cara memaksimalkan proses editing. Konten yang original dan menarik, didukung dengan kualitas gambar video tinggi akan lebih mudah menjadikan konten FYP.

  1. Perhatikan Durasi Konten

Platform TikTok diperuntukkan bagi video menarik dengan durasi yang tidak terlalu panjang. Anda bisa mengunggah video dengan durasi maksimal 1 menit atau kurang. Namun jangan mengunggah video yang terlalu pendek karena hanya akan menghilangkan ketertarikan penonton.

  1. Jangan Sembarangan Pilih Latar Belakang Musik

TikTok menyediakan berbagai pilihan sound yang bisa digunakan sebagai latar belakang video. Anda bisa memilih satu. Untuk memilihnya, pilih musik yang sedang trending dan sesuai dengan konten Anda. Misal, Anda bisa memilih musik yang menyeramkan untuk konten horor atau misteri yang diunggah.

  1. Buat Video yang Mengundang Interaksi

Sebisa mungkin buat video yang mengundang interaksi dari pengguna. Cara ini akan meningkatkan engagement sehingga konten akan lebih mudah FYP.

  1. Buat Caption Semenarik Mungkin

Caption video juga memberikan kontribusi konten untuk FYP. Anda bisa menulis caption sesuai dengan konten yang diunggah. Anda juga harus membuat caption agar lebih enak dibaca, sehingga konten akan mengundang komentar dan “Like” dari pengguna TikTok.

Dari Segi Postingan

Akan sangat sia-sia jika konten yang diunggah tidak memperhatikan unsur-unsur terkait pemostingan. Perhatikan beberapa tips berikut ini.

  1. Rajin Unggah Konten

Sebagai konten kreator, Anda harus rajin mengunggah konten. Penunggahan bisa dilakukan secara konsisten setiap hari. Anda bisa menentukan sendiri seberapa banyak konten yang diunggah dalam satu hari.

  1. Unggah Konten Menjelang Prime Time

Anda disarankan untuk mengunggah konten menjelang jam-jam ramai atau prime time. Mengapa menjelang? Karena potensi konten Anda tenggelam dengan konten lain lebih kecil dibanding saat prime time karena akan bersaing dengan akun-akun besar.

  1. Balas Komentar Pengguna Lain

Sebisa mungkin balaslah komentar dari pengguna TikTok yang ada di kolom komentar. Saat Anda melakukan ini, TikTok akan mencatat bahwa akun Anda adalah akun yang aktif dan menarik untuk disimak sehingga sistem akan melempar konten Anda ke FYP.

  1. Jangan Remehkan Hastag

Jangan pernah remehkan hastag (#) dalam caption konten. Hastag akan memudahkan pencarian atas konten Anda. Anda bisa membaca daftar hastag viral di VOI.ID.

Itulah beberapa cara jadi FYP di TikTok. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.