Daftar Alat Pembayaran Non Tunai Beserta Penjelasannya
Ilustrasi alat pembayaran non tunai (Unsplash/Clay Banks)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Berkat kemajuan teknologi, kini pembayaran bisa dilakukan secara non tunai. Pihak pembeli dan penjual kini tidak harus menggunakan uang fisik atau cash untuk melakukan transaksi pembayaran. Terdapat berbagai alat pembayaran non tunai yang bisa dipilih untuk memudahkan transaksi. 

Alat pembayaran non tunai membantu aktivitas transaksi menjadi lebih mudah dari berbagai sisi, mulai dari efisien waktu, tenaga, dan biaya. Apalagi mode transaksi ini saling mendukung dengan aktivitas jual beli online yang semakin masif di era digital. Otomatis pembayaran non tunai pun sudah menjadi kebiasaan atau bukan hal baru lagi. 

Kini banyak masyarakat yang lebih memilih melakukan pembayaran secara non tunai. Baik itu untuk pembelian online maupun pembelian langsung. Dengan sistem pembayaran ini, anda tidak perlu mengkhawatirkan risiko kehilangan dan kerusakan uang. Anda tinggal mentransfer nominal tagihan pembayaran secara online, lalu saldo anda otomatis berkurang. 

Daftar Alat Pembayaran Non Tunai 

Pembayaran non tunai adalah mekanisme transaksi tanpa menggunakan uang fisik atau konvensional. Pembayaran non tunai dapat dilakukan dengan bantuan alat keuangan elektronik atau digital. 

Bentuk alat pembayarannya juga beragam, mulai dari berbasis kartu, kertas, hingga digital. Berikut beberapa alat pembayaran non tunai di Indonesia.

Kartu Debit

Kartu debit merupakan alat pembayaran non tunai yang berbasis kartu. Kartu debit merupakan media pembayaran non tunai yang diterbitkan oleh bank saat anda membuka rekening dan tabungan. 

Kartu debit digunakan untuk transaksi dalam bentuk saldo. Cara melakukan transaksi dengan memasukkan/menggesekkan kartu, lalu mengetikkan password. Setelah itu pengguna bisa menentukan besaran nominal transaksi yang akan ditransfer ke penerima. 

Kartu Kredit

Sejenis dengan kartu debit, kartu kredit adalah alat pembayaran non tunia berbasis kartu. Alat pembayaran ini diterbitkan oleh bank dengan menerapkan sistem hutang. Bisa dikatakan kartu kredit merupakan kartu untuk transaksi pembayaran dengan cara utang. Kemudian tagihan akan dibayarkan atau dicicl dalam tempo waktu tertentu. 

Kartu kredit sangat membantu orang-orang yang ingin membeli barang namun dananya masih terbatas. Dengan kartu ini anda bisa membeli barang tersebut dengan pembayaran yang lebih ringan karena dicicil. Jadi meskipun tidak memiliki saldo yang cukup, pengguna masih bisa bertransaksi dengan batasan nominal yang sudah ditetapkan.

Kartu Prabayar

Kartu prabayar juga sebagai alat pembayaran non tunai berbasis kartu. Kartu prabayar tidak berkaitan dengan rekening bank dan tidak menerapkan sistem hutang. Kartu prabayar berisikan saldo yang dapat digunakan dengan ketentuan batas minimum. Jika saldo sudah habis maka pengguna perlu top up untuk mengisi ulang saldo. 

E-Wallet

Alat pembayaran non tunai yang saat ini sedang menjadi tren atau populer digunakan adalah e-wallet. E-wallet adalah dompet digital untuk menyimpan uang dalam bentuk digital atau elektronik. Alat pembayaran ini banyak diminati karena kemudahannya dalam bertransaksi dan fitur-fitur menarik yang ditawarkan. 

Berbagai e-wallet biasanya sudah terhubung atau tersinkorn dengan beragam platform. belanja online. Dengan begitu proses transaksi pun semakin mudah. Beberapa e-wallet yang banyak digunakan olah masyarakat, di antaranya DANA, OVO, Shopeepay, LinkAja, dan lainnya. 

Mobile Banking

Mobile banking juga menjadi alat pembayaran non tunai yang banyak digunakan. Mobile banking merupakan platform online yang dihadirkan oleh pihak bank agar penggunanya bisa bertransaksi di mana saja dan kapan saja. Mobile banking menawarkan aplikasi yang nyaman diakses menggunakan handphone. 

Cek

Cek adalah salah satu alat transaksi non tunai yang berbasis kertas. Cek diterbitkan oleh pihak bank tertentu sebagai surat perintah untuk mencairkan sejumlah dana. Pencairan dana berdasarkan atas nama yang tertulis dalam cek, baik nasabah atau orang lain. 

Giro

Alat pembayaran non tunai lainnya yang berbasis kertas adalah giro. Giro punya fungsi sama seperti cek, yakni perintah pada pihak bank. Namun giro tidak digunakan untuk mencairkan dana. Giro digunakan untuk memindahkan anggaran dari rekening seorang ke nasabah ke nasabah lain yang tertera di giro. 

itulah beberapa alat pembayaran non tunai yang bisa anda pilih untuk kemudahan transaksi. Ada tiga jenis alat pembayaran, namun yang kini populer dan banyak digunakan adalah e-wallet. Ada berbagai e-wallet yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan fitur yang diinginkan. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.