Elon Musk Pecat Petinggi Twitter Setelah Lakukan Akuisisi Senilai Rp668 Triliun, Ini Profil 4 Eksekutif yang Didepak
Elon Musk di kantor twitter bersama para karyawan. (foto twitter @WalterIsaacson)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Elon Musk pecat petinggi Twitter Inc setelah ia melakukan take over perusahaan penyedia layanan media sosial itu.

Sebagaimana diketahui, Musk melakukan tarik ulur pembelian saham Twitter salama hampir 6 bulan. Pada Kamis, 27 Oktober 2022 malam waktu Amerika Serikat, Elon Musk resmi memili Twitter Inc senilai 44 milir dollar AS atau sekitar Rp668 triliun.

Pada hari yang sama, Musk juga langsung mendepak empat orang dari jajaran eksekutif Twitter. Lantas, siapa saja petinggi Twitter yang dipecat Elon Musk?

Elon Musk Pecat Petinggi Twitter, Termasuk Parag Agrawal

Keempat eksekutif Twitter yang dipecat Musk pasca-akuisisi yakni Chief Executive Officer (CEO) Parag Agrawal, Chief Financial Officer (CFO) Ned Segal, bos bagian hukum dan kebijakan Vijaya Gadde, penasihat umum Sean Edgett.

Berikut profil para petinggi Twitter yang dipecat elon musk

  1. Parag Agrawal
Parag Agrawal
Parag Agrawal (Foto: The Verge)

Sebelum diangkat menjadi CEO Twitter menggantikan Jack Dorsey pada 29 November 2021, Parag Agrawal menjabat sebagai Chief Technology Officer atau CTO Twitter.

Pria kelahiran India itu bergabung dengan Twitter pada 2011. Sebelumnya, ia pernah bekerja di Microsoft, Yahoo, dan AT&T.

Agrawal merantau ke Amerika Serikat tepat setelah ia lulus dari jurusan Ilmu Komputer dan Teknik di Indian Institute of Technology. Ia kemudian melanjutkan studinya di bidang filsafat dan ilmu komputer di Stanford University. Gelar PhD tersebut ia raih dalam jangka waktu tujuh tahun, tepatnya lulus pada 2012.

Saat di Twitter, Agrawal pernah mengerjakan sebuah inovasi terkait peningkatan relevansi tweet pengguna pada timeline, serta pertumbuhan audiens mereka.

Berkat proyek tersebut, Agrawal mendapatkan predikat 'Distinguished Engineer' dari Forbes. Setelah tujuh tahun menjadi staf teknologi, tahun 2018 ia diangkat menjadi CTO.

Ketika menjadi CEO menggantikan Jack Dorsey, Agrawal disebut sebagai orang yang berperan dalam keputusan-keputusan penting di perusahaan.

  1. Ned Segal

Mengutip Crunchbase, Jumat, 28 Oktober 2022, Jabatan Ned Segal di Twitter sebelum didepak oleh Elon Musk adalah Chief Financial Officer.

Sebelum bergabung dengan Twitter, Ned Segal menjabat sebagai Senior Vice Presiden di Intuit Inc. Sebuah perusahaan perangkat lunak yang mengembangkan perangkat lunak keuangan dan persiapan pajak dan jasa terkait untuk bisnis kecil, akuntan, dan individu.

  1. Vijaya Gadde

Vijaya Gadde lahir di Hyderabad dan dibesarkan di Texas. Ia merupakan lulusan Cornell University dan New York University School of Law.

Gadde bergabung dengan Twitter pada 2011. Sebelumnya, dia sempat berkarier sebagai senior vice president dan penasihat umum asososiasi di Juniper Networks.

Di Twitter, Gadde Gadde bertanggung jawab untuk mengawasi moderasi konten dan kebijakan keamanan platform dengan tim eksekutif.

Gadde termasuk salah satu eksekutif Twitter yang dipecat Musk pada Kamis, 27 Oktober 2022.

  1. Sean Edgett

Sean Edgett adalah penasihat umum di Twitter. Jabatan tersebut ia pegang sejak 2018. Edgett bergabung dengan Twitter pada 2012 sebagai Penasihat Perusahaan dan telah memegang sejumlah jabatan penting di perusahaan tersebut.

Beberapa jabatan yang pernah dipegang Sean Edgett di Twitter antara lain, Vice President, Wakil Presiden, Hukum & Wakil Penasihat umum.

Sean Edgett bergabung dengan Twitter pada 2012. Sebelumnya, ia adalah direktur hukum perusahaan dan sekuritas untuk NetApp, Inc.  Ia juga tercatat pernah menjadi corporate lawyer di Latham & Watkins LLP.

Demikianlah informasi seputar Elon Musk pecat petinggi Twitter.