Makin Serius Bersaing dengan TikTok, YouTube Shorts Kini Terintegrasi dengan YouTube Music
Fitur baru YouTube (foto: Dinda Buana/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - YouTube mengumumkan akan mengintegrasikan lagu yang Anda simpan di YouTube atau YouTube Music ke dalam aplikasi video. 

Ketika Anda menonton YouTube Short, Anda dapat mengetuk tombol suara di sudut kanan bawah, tombol itu kemudian akan membawa Anda ke halaman Shorts lain yang juga menggunakan suara tersebut. 

Sekarang Anda akan melihat ikon "simpan" akan muncul di halaman itu. Ikon itu memungkinkan Anda untuk mengunjungi kembali lagu itu nanti di YouTube atau YouTube Music dalam daftar putar yang disebut "Sounds from Shorts." 

Sebaliknya, dilansir dari TechCrunch, jika Anda mendengarkan lagu yang ingin Anda gunakan di Shorts nanti, Anda dapat menyimpannya ke playlist tersebut untuk diakses dari Shorts.

Dengan Sounds on Shorts, YouTube akhirnya memanfaatkan apa yang tidak dimiliki TikTok, yaitu seluruh repositori video YouTube dan layanan streaming musik. 

Tapi tampaknya TikTok juga mengincar layanan streaming lagu. Pada bulan Mei lalu, perusahaan induk TikTok, ByteDance mengajukan aplikasi merek dagang ke Kantor Paten dan Merek Dagang AS untuk layanan yang disebut “TikTok Music.” 

Pengajuan tersebut menunjukkan bahwa merek dagang dapat diterapkan ke aplikasi seluler yang memungkinkan pengguna untuk membeli, memutar, berbagi, dan mengunduh musik. 

Itu juga akan memungkinkan pengguna untuk membuat, berbagi, dan merekomendasikan daftar putar, mengomentari musik, serta audio dan video streaming langsung. ByteDance sudah mengajukan merek dagang "TikTok Music" di Australia November lalu.