Elon Musk Batal Beli Twitter Ternyata Karena Beberapa Alasan Ini
Elon Musk, bisa gunakan laporan whistleblower untuk lawan Twitter. (foto: tangkapan layar)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Dalam gugatan setebal 62 halaman yang diajukan pada hari Selasa, Twitter menuduh Elon Musk melanggar perjanjian untuk membeli perusahaan media sosial itu seharga 44 miliar dolar AS. Musk, orang terkaya di dunia, telah mencoba untuk mundur dari akuisisi, mengutip jumlah akun palsu Twitter dan menuduh perusahaan tidak memberinya cukup informasi tentang masalah ini dan salah mengartikan dirinya sendiri. Lalu apa alasan Elon Musk batal beli Twitter?

Dalam gugatannya, Twitter berusaha menunjukkan bahwa mereka berhak menuntutnya untuk menutup kesepakatan dan menunjukkan bahwa klaim Musk terhadapnya tidak berdasar. Sebaliknya, Musk yang melanggar perjanjian, kata perusahaan itu. Twitter tidak tanggung-tanggung, menyebut strategi pelariannya sebagai "model kemunafikan" dan "model itikad buruk." Itu mendukung argumennya dengan banyak tweet dari miliarder.

Alasan Elon Musk Batal Beli Twitter

Elon Musk telah memberi tahu Twitter bahwa dia akan menghentikan usulan kesepakatan senilai 44 miliar dolar AS untuk membeli platform microblogging.

Mengapa keputusan ini: Musk mengklaim bahwa Twitter telah gagal memberikan informasi yang memadai tentang akun palsu dan spam.

Twitter telah memberikan beberapa informasi tetapi memiliki beberapa ikatan, batasan penggunaan atau fitur pemformatan buatan lainnya, yang membuat beberapa informasi menjadi sedikit berguna.

Meskipun mengakui bahwa Twitter menyediakan akses ke delapan "API" pengembang setelah penolakan awal, pengajuan dari Musk mengklaim bahwa API berisi batas tarif yang lebih rendah daripada yang diberikan Twitter kepada pelanggan perusahaan terbesarnya.

Informasi tersebut tidak cukup untuk melakukan analisis yang fundamental terhadap kinerja bisnis perusahaan.

Pengajuan tersebut mengatakan bahwa Twitter melakukan pelanggaran material terhadap beberapa ketentuan Perjanjian, tampaknya telah membuat pernyataan palsu dan menyesatkan yang diandalkan Musk saat memasuki Perjanjian Penggabungan.

Respon Twitter

Bagaimana Twitter merespons: Pertempuran hukum dapat terjadi karena ketua Twitter, Bret Taylor, bersumpah untuk melakukan tindakan hukum untuk menegakkan perjanjian merger.

"Dewan Twitter berkomitmen untuk menutup transaksi dengan harga dan persyaratan yang disepakati dengan Musk...," tulisnya.

Persyaratan kesepakatan mengharuskan Musk membayar biaya pemutusan  1 miliar dolar AS jika dia tidak menyelesaikan transaksi.

Pasang surut: Musk pertama kali menawarkan untuk membeli Twitter, dewan mengadopsi rencana "pil racun" dalam upaya untuk memblokir kesepakatan.

Twitter kemudian membalikkan arah dan mengalah pada pembelian $44 miliar, yang disebut Musk sebagai tawaran "terbaik dan terakhir".

Musk bahkan menyatukan pengaturan pendanaan. Pembelian itu diusulkan untuk didanai oleh $ 21 miliar tunai, $ 12,5 miliar pinjaman margin dijamin terhadap 16 persen saham Musk di Tesla, bersama dengan $ 13 miliar pinjaman dari konsorsium bank.

Pengaturan pendanaan dikalibrasi ulang dengan Musk mengurangi ukuran pinjaman terhadap saham Tesla-nya dari $13 miliar menjadi $6,25 miliar. Itu dilakukan untuk mengatasi tekanan pada harga saham Tesla atas kekhawatiran bahwa Musk mungkin menjual saham Tesla sebagai bagian dari kesepakatan pembiayaan.

Bahkan ketika pembiayaan untuk kesepakatan sedang diamankan, Musk tiba-tiba mengindikasikan bahwa dia akan menunda kesepakatan itu sampai perusahaan media sosial itu membuktikan bahwa akun bot palsu dan spam kurang dari 5 persen dari basis penggunanya.

Jadi itulah alasan kenapa Elon Musk batal beli Twitter, simak berita menarik lainnya hanya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!