Data Ponsel Hilang? Gunakan Lima Aplikasi Android Ini
Selwyn van Haaren / Unsplash

Bagikan:

JAKARTA - Smartphone menjadi salah satu perangkat genggam yang paling diminati saat ini. Tidak hanya ringan, tetapi juga dapat berfungsi sebagai perangkat untuk menyimpan dokumen penting.

Tidak sedikit yang lebih memilih menggunakan smartphone untuk menyimpan data, foto maupun video ketimbang flashdisk, atau laptop. Tetapi sering kali penggunanya tidak sengaja menghapus data mereka, yang menyebabkan data tersebut hilang.

Karena kecerobohan ini, maka diperlukan kecanggihan teknologi untuk mengembalikan data tersebut. Seperti halnya aplikasi. Berikut lima aplikasi yang dapat membantu Anda mengembalikan daya yang sudah terhapus di ponsel, seperti dikutip dari TechWiser, Minggu 22 November. 

1. Recover Deleted Photos

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasj ini. Aplikasj yang begitu mudah digunakan untuk mengembalikan sebuah foto yang terhapus pada ponsel Anda.

Caranya, Anda cukup melakukan scanning pada folder, di mana dalam folder tersebut terdapat foto yang telah terhapus. Selain itu, aplikasi ini juga dapat mendeteksi foto yang tersembunyi.

2. DigDeep Image Recovery

Aplikasi ini ditujukkan untuk mengembalikan data berupa foto yang sudah terhapus baik di memori internal ataupun kartu memori eksternal.

Caranya sangat mudah, setelah mengunduhnya di PlayStore dan ter-install, Anda cukup melakukan pemindaian pada folder. Selanjutnya aplikasi ini akan menampilkan beberapa foto yang sempat terhapus untuk dipulihkan.

3. DiskDigger

Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis dan diklaim mampu mengembalikan data yang hilang dengan mudah. DiskDigger juga dapat mencari data Anda yang hilang di memori internal ataupun memori eksternal.

Aplikasi ini akan menyortir data berdasarkan ukuran atau tanggal. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah mencari data yang hilang.

4. EaseUS MobiSaver

Selain dapat memulihkan data di ponsel Anda, aplikasi ini juga dapat mencadangkan pada file yang tersimpan di ponsel. EaseUS MobiSaver dapat memulihkan data berupa gambar, video, log panggilan, kontak, SMS ataupun pesan WhatsApp yang terhapus.

Selain itu, aplikasi tersebut juga bisa memulihkan gambar berformat PNG, JPEG, GIF, BMP dan video berformat MP4, 3GP, AVI, dan MOV. Tampilan yang sederhana dapat memulihkan file yang hilang dengan sederhana.

5. Dumpster

 Aplikasi besutan Baloota ini tidak perlu menggunakan perangkat ketiga untuk memulihkan data yang hilang. Layaknya Recycle Bin yang ada di komputer, aplikasi ini dapat menghapus data yang pernah terhapus pada smartphone.

Pengguna dapat menggunakan aplikasi ini tanpa root dan tanpa jaringan internet. Dumpster dapat mengembalikan data berformat mp3, mp4, avi, jpg, png, docx, pdf, txt, dan lainnya.