Daftar Kendaraan Listrik G20 yang Dipakai Transportasi Para Pemimpin Negara
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Foto: Dok. Kemenko Perekonomian)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali akan diselenggarakan pada Oktober-November 2022. Sejumlah mobil listrik disiapkan sebagai alat transportasi para delegasi yang mengikuti acara tersebut. Lalu apa saja merek dan model kendaraan listrik G20 yang bakal beroperasi nanti?

Sejumlah pabrikan otomatif siap menampilkan produk kendaraan listrik masing-masing untuk menjadi kendaraan para delegasi KTT G20. Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, menyampaikan kendaraan listrik G20 bakal digunakan untuk pelayanan para tamu undangan. Mulai dari tingkat pemimpin negara, pejabat di bawah presiden, hingga staf akan mendapatkan transportasi kendaraan tersebut. 

"G20 nanti akan ada unit dari Hyundai (Genesis) yang akan digunakan kepala negara. Kemudian dari Toyota dengan Lexus yang juga akan digunakan oleh para pejabat di bawah presiden (menteri). Kemudian ada Wuling Air EV," tutur Airlangga ketika menyampaikan sambutan di acara pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS).

Kendaraan Listrik G20

Beragam merek kendaraan listrik sudah bersiap untuk menyediakan alat transportasi selema KTT G20 di Bali, di antaranya Toyota, DFSK, dan Hyundai. Berikut daftar mobil listrik yang akan meramaikan acara G20.

Genesis G80

Untuk acara G20 di Bali, sebanyak 123 unit Genesis G80 akan disediakan. Genesis merupakan merek premium dari perusahaan otomotif Hyundai yang berdiri pada 2015. Pemilihan nama Genesis berasal dari model sedan Hyundai, lalu menjadi merek terpisah. Mobil listrik Genesis G80 berdimensi lebar 1,92 meter, panjang 5 meter, tinggi 1,47 meter, dan wheelbase 3 meter. 

Genesis G80 memakai baterai lithium-ion berkapasitas 87,2 kWh bertenaga 272 kW (200 hp) dan torsi 700 Nm yang disalurkan ke sistem gerak e-AWD. Mobil ini mampu melesat dari 0-100 km per jam dalam hitungan waktu 4,9 detik.Berdasarkan klaim pabriknya, Genesis G80 mampu berjalan kisaran 265 mil atau sekitar 426 kilometer dengan satu kali pengisian daya. 

Ioniq 5

Ioniq 5 adalah mobil listrik yang istimewa bagi Indonesia karena menjadi mobil listrik pertama yang diproduksi di tanah air. Presiden Jokowi langsung yang melakukan peluncuran mobil ini. Dalam acara G20 nanti, Hyundai akan menerjunkan  226 unit Ioniq 5.

Ioniq 5 memiliki bobot kotornya 2.370 kilogram, sementara itu kapasitas penyimpanan bisa membawa hingga 527 liter. Dimensi Ioniq 5 memiliki lebar 1,89 meter, panjang keseluruhan 4.6 meter, tinggi 1,605 meter, dan jarak sumbu roda 3 meter. Mobil yag memakai baterai lithium-ion ini dapat mencapai kecepatan maksimal 185 km per jam. Sedangkan akselerasi 0 sampai 100 km per jam bisa tercapai dalam 8,5 detik.

Ioniq 5 terdiri dari empat varian. Keempat varian itu, yakni standar single speed 2WD dengan kapasitas baterai 58 kW, standar single speed 4WD dengan kapasitas 58 kW, long range single speed 2WD dengan kapasitas 72,6 kW, dan long range single speed 4WD dengan kapasitas 72,6 kW.

Toyota bz4X

Dari pabrikan Toyota bakal mengirimkan 143 unit untuk acara G20. Produsen mobil asal Jepang ini menyediakan Toyota bZ4X dalam dua pilihan: Penggerak roda depan atau FWD dan semua roda AWD.

Toyota bz4X memiliki dimensi panjang 4.690 mm, lebar 1.860 mm, dan tinggi 1.650 mm. Untuk kecepatannya, mobil ini mampu akselerasi dari 0-100 km per jam, dapat dicapai dalam 8,4 detik untuk FWD dan AWD 7,7 detik.

Untuk tenaganya sendiri, versi FWD disebut dapat mencapai 150 kW. Sementara AWD mencapai 160 kW. Keduanya sama-sama memakai baterai lithium-ion yang diletakkan secara rata di lantai mobil dengan tegangan total 355 volt. Pengisian daya mobil ini dapat dilakukan memakai panel surya di atap mobil. 

DFSK Gelora E

Kendaraan model minibus juga akan tampil dalam KTT G20 di Bali. Sokonindo Automobile akan mengirimkan mobil boks listrik DFSK Gelora E. Kedua varian Gelora E disebut bakal dioperasikan pada KTT dengan menyesuaikan kebutuhan.

Kedua varian Gelora E bisa difungsikan berbeda. Model minibus dinilai cocok dipakai sebagai kendaraan angkutan shuttle di lingkungan tempat KTT G20 di Bali. Sementara Gelora E Blind van yang punya panjang kabin 2,63 m (luas 4,8 meter kubik) dapat diandalkan untuk meningkatkan kapasitas kargo dan cocok untuk kebutuhan logistik.

Itu tadi beberapa kendaran listrik G20 yang bakal disediakan di Bali pada Oktober hingga November 2022. Pemerintah Indonesia saat ini terus mendorong industri elektrifikasi di Indonesia.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.