Pendiri Avalanche (AVAX) Jelaskan Pertumbuhan Terra Pengaruhi Blockchain Lain
Bos Avalanche jelaskan jelaskan Terra tidak akan jual AVAX. (Coinbilgi)

Bagikan:

JAKARTA – Peristiwa keruntuhan Terra merupakan topik terpanas dalam industri kripto selama tahun 2022 ini. Mengomentari masalah tersebut, pendiri Avalanche (AVAX), Emin Gun Sirer, menjelaskan pengaruh Terra terhadap blockchain lain dan dampak keruntuhannya bagi kripto secara meluas.

Dilansir dari CryptoPotato, dalam wawancara dengan Steven Ehrlich dari Forbes, Emin Gun Sirer mengungkapkan pemikirannya tentang pertumbuhan besar Terra pada tahun lalu dan keruntuhan UST – LUNA.

“Situasi Terra sangat disesalkan. Seperti yang Anda ketahui, Terra dimulai sedikit sebelum kami (Avalanche) melakukannya dan itu (Terra) baru saja berkembang. Itu akhirnya menarik banyak uang dan banyak pertumbuhan ruang yang akan pergi ke AVAX atau mungkin Solana atau beberapa rantai kecepatan tinggi generasi terbaru lainnya mulai masuk ke LUNA,” ujar Sirer.

Dia memaparkan proyek seperti Avalanche terhambat oleh pertumbuhan LUNA yang cepat. Ini, pada gilirannya, menyebabkan banyak jaringan lain meniru perkembangan di Terra. Namun, timnya menghindari usaha semacam itu.

“Kami cukup pintar untuk menyadari bahwa kami tidak dapat melakukan ini. Ada banyak alasan mengapa tidak, tetapi menjalankan stablecoin semacam itu dengan loop umpan balik seperti itu, dibutuhkan tim yang sangat besar dengan kemampuan operasional untuk mencoba mempertahankan patok (peg) itu. Kami tahu bahwa kami tidak memiliki kemampuan tersebut,” tambahnya.

Sebelum rontoknya Terra dengan stablecoin TerraUSD (UST) dan Terra (LUNA), Sirer menyadari bahwa pertumbuhan Terra tidak boleh diabaikan. Dia mengatakan pihaknya memutuskan untuk bermitra dengan Terra melalui pertukaran token.

Selanjutnya, Sirer menjelaskan bahwa pihaknya menukar AVAX senilai 60 juta juta dolar AS untuk token LUNA dan UST dalam upaya untuk membentuk kemitraan dengan Terra. Dia menyadari bahwa itu merupakan pertaruhan yang kalah.

Pendiri AVAX menilai bahwa semua token LUNA mereka pada dasarnya menjadi nol, tetapi mereka dapat menebus sebagian dari UST mereka dengan dolar. Terlepas dari semua hal di atas, dia juga mengatakan bahwa ini tidak menimbulkan tantangan ekonomi bagi Avalanche karena jumlahnya tidak signifikan dan dapat “dibersihkan dalam sehari.”

Selanjutnya dia mengakui pihaknya sudah melakukan pembicaraan dengan tim Terra terkait kepemilikan AVAX yang masih dipegang Luna Foundation Guard (LFG). Sirer menjelaskan bahwa itu adalah “hal yang paling berharga yang mereka hold.” Oleh sebab itu, dia menyimpulkan bahwa Terra tidak akan menjual kepemilikan AVAX mereka.