WhatsApp Tambah Fitur Anyar untuk Pengguna Android
Ilustrasi (Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - WhatsApp kembali hadirkan beragam fitur baru yang akan memudahkan penggunanya. Salah satunya dengan menambahkan fitur pencarian media untuk pengguna Android. 

"Dengan fitur ini pengguna bisa melakukan pencarian media seperti foto, file GIF, tautan, video, dokumen, dan audio yang ada pada perbincangan (chat) di Whatsapp," ungkap akun Twitter resmi WhatsApp, Jumat, 9 Oktober.

Sejatinya, fitur ini lebih dahulu muncul untuk pengguna iOS beberapa bulan lalu, dan baru hari ini WhatsApp mengumumkan untuk pengguna Android. WhatsApp menjanjikan akan menghadirkan sederet fitur lainnya, lantaran masih dalam tahap pengujian, seperti dirangkum dari Mashable.

1. Bisukan Notifikasi Pesan

Diketahui, sebelumnya pengguna WhatsApp hanya bisa membisukan notifikasi dalam tiga pilihan yakni, 8 jam, 1 minggu, dan 1 tahun.

Saat ini, layanan pesan instan itu telah merencanakan agar pengguna bisa mematikan notifikasi grup selamanya. Fitur ini nantinya akan menggantikan fitur mute dalam pilihan waktu setahun. Opsi pada mute selamanya ini tak hanya berlaku untuk grup, bisa juga diterapkan pada chat orang tertentu.

2. Mudah hapus file besar

Whatsapp merupakan salah satu aplikasi yang memiliki penyimpanan yang cukup besar, dan tidak jarang pengguna sulit memilih pesan mana yang paling sering menyita memori. Kedepannya dengan fitur Storage Usage, pengguna akan dimudahkan untuk menghapus file besar.

Selain itu, perusahaan juga akan menginformasikan berapa besar file yang ada dalam tiap chat. Kendati demikian, fitur ini masih dalam tahap pengembangan.

3. Dipakai di 4 perangkat sekaligus

Seperti yang diwartakan sebelumnya, WhatsApp dikabarkan segera menghadirkan fitur dukungan di mana pengguna bisa menggunakan akun Whatsapp di empat perangkat sekaligus. Dan saat ini fitur itu masih dalam tahap akhir pengembangan.

4. Pesan terjadwal untuk hilang otomatis

Fitur yang akan datang ini cukup membantu mengoptimalisasi layanan pesan instan itu. Sebab, nantinya pengguna bisa menjadwalkan agar sebuah pesan bisa hilang otomatis.

Dengan menerapkan fitur ini, pesan dapat terhapus secara otomatis di kedua belah pihak, baik pengirim maupun penerima tanpa jejak. Jika tak sabar dengan peluncuran asli fitur ini, pengguna bisa mencobanya melalui WhatsApp beta.

5. Pembaruan Wallpaper

Terakhir, fitur yang akan datang namun sudah bisa diuji coba ini yakni wallpaper baru. Fitur ini sudah terlihat di WhatsApp beta untuk Android 2.20.199.5 yang memungkinkan pengguna memilih wallpaper berbeda berdasarkan tema yang digunakan dalam aplikasi.

Sebagai informasi, WhatsApp juga sedang mengerjakan perbaikan wallpaper baru ini untuk pengguna iOS.

"Ketika Anda ingin memilih wallpaper default, aplikasi akan menanyakan apakah Anda ingin mengunduh aplikasi WhatsApp Wallpaper, sebuah aplikasi resmi yang menyediakan Wallpaper," ungkap WABetaInfo.