Sederet Fitur Anyar DM Instagram yang Bikin Makin Nyaman Saat Ngobrol
Terdapat sejumlah pembaruan baru di Instagram. (foto: dok. instagram)

Bagikan:

JAKARTA - Instagram menepati janjinya yang pada akhir tahun lalu akan membawa selusin peningkatan baru pada kotak masuk pesan langsungnya atau DM di 2022.

Peningkatan itu meliputi, di mana pengguna dapat berbagi pratinjau musik di DM, mengirim pesan secara diam-diam, bisa melihat siapa yang sedang online, kemampuan untuk membalas pesan saat menelusuri feed dan masih banyak lagi.

Media sosial milik Meta itu mengatakan, pekerjaan tersebut adalah bagian dari upayanya yang lebih besar untuk meningkatkan cara pengguna terhubung dan berbagi dengan teman.

Pembaruan ini datang tak lama setelah peluncuran opsi feed chronological yang terbagi menjadi dua, yakni Following dan Favorite. Feed ini memungkinkan pengguna untuk melihat unggahan yang diberi peringkat tanpa menggunakan algoritme.

Sekarang Instagram mengalihkan perhatiannya ke DM, berikut penjelasan singkat menyoal pembaruan di DM, sebagaimana dikutip VOI dari TechCrunch, Jumat, 1 April.

  1. Berbagi Musik

Dengan kemampuan ini, Instagram akan berintegrasi dengan Apple Music, Amazon Music dan segera, Spotify, untuk memungkinkan pengguna berbagi pratinjau lagu yang berdurasi 30 detik dalam obrolan.

  1. Balas Pesan saat Menggulir Feed

Peningkatan kali ini dapat memudahkan pengguna membalas pesan baru saat menjelajahi Feed mereka, tanpa harus membuka DM dan kehilangan jejak Feed mereka.

  1. Pengiriman Pesan Cepat

Sekarang pengguna juga dapat mengetuk dan menahan tombol bagikan untuk membagikan ulang unggahan dengan cepat ke empat teman terdekat.

  1. Status

Di bagian atas DM, kini pengguna dapat melihat siapa saja yang bisa diajak mengobrol dengan menampilkan status online mereka, mirip dengan Messenger.

  1. Pesan Senyap

Selain itu, pengguna dapat memilih untuk mengirim pesan ke teman tanpa mengganggu mereka dengan notifikasi, seperti saat mereka sedang sibuk atau tertidur. Untuk melakukannya, pengguna harus menambahkan “@silent” ke pesan mereka.

  1. Tema Obrolan Lo-fi

Tema baru yang dirancang untuk membuat percakapan terasa lebih pribadi, yang menampilkan seperti pemandangan kota dan kucing.

  1. Polling

Pengguna sekarang juga dapat menggunakan stiker Poll untuk membuat polling langsung di obrolan grup.

  1. Lainnya

DM Instagram juga menerima beberapa peningkatan lagi, termasuk kemampuan untuk mengubah warna obrolan, bereaksi dengan emoji, menonton video bersama, dan lainnya.

Perlu dicatat, beberapa peningkatan baru ini mengharuskan pengguna untuk meningkatkan ke pengalaman perpesanan Instagram yang ditingkatkan, memungkinkan komunikasi lintas aplikasi antara Instagram dan Messenger.

Lebih lanjut, hanya berbagi musik, tema obrolan baru, dan kirim pesan cepat yang akan berfungsi jika pengguna belum ikut serta dalam pengalaman perpesanan yang ditingkatkan.

DM Instagram bukan satu-satunya produk perpesanan milik Meta yang ditingkatkan minggu ini. Belum lama ini Messenger turut memperkenalkan fungsionalitas "@" seperti Slack yang akan memberi tahu semua peserta dalam obrolan tentang pesan baru, dan pintasan lain seperti fitur "/silent" mirip dengan "@silent" Instagram, dan banyak lagi.

Terakhir, Instagram menyatakan fitur DM baru akan tersedia di negara-negara tertentu saat diluncurkan, tetapi akan berkembang secara global seiring waktu.