Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy Pastikan  Bantuan Internet dari Starlink dari Elon Musk Semakin Banyak
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy pastikan bantuan tambahan dari Elon Musk. (foto: tangkapan lawayr twitter )

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mengumumkan pada Sabtu, 5 Maret bahwa ia telah berbicara dengan Chief Executive Officer SpaceX, Elon Musk, dan menyatakan bahwa negara itu akan menerima lebih banyak terminal internet satelit Starlink minggu depan.

"Berbicara dengan Elon Musk. Saya berterima kasih kepadanya karena telah mendukung Ukraina dengan kata-kata dan perbuatan," cuit Zelenskiy.

Musk mengatakan pada Kamis bahwa Starlink adalah satu-satunya sistem komunikasi non-Rusia yang masih berfungsi di beberapa bagian Ukraina setelah invasi Rusia.

Namun Musk juga mengingatkan kepada masyarakat Ukraina yang memakai jaringan satelitnya untuk lebih berhati-hati menempatkan antena parabola yang digunakan untuk menjadi sarana penghubung internet kecepatan tinggi dari Starlink.

Kekhawatiran ini muncul, karena antena parabola Starlink bisa menjadi sasaran serangan dari pihak Rusia. Musk juga mengingatkan agar antena tersebut diletakkan secara tersembunyi namun harus tetap dapat mengakses satelit dengan mudah.