Bisa Kenali Tulisan Tangan, Ini Fitur Baru Google Chrome 99 yang Perlu Diketahui
Fitur baru chrome 99 bisa mengenali tulisan tangan (Foto: do, chrome)

Bagikan:

JAKARTA - Google Chrome 99 hadir dengan banyak fitur baru dan diklaim lebih baik. Versi terbaru dari browser Chrome ini telah dirilis pada saluran beta Chrome terbaru, mulai 3 Februari. Pembaruan ini tersedia untuk Android, Chrome OS, Linux, Windows, dan macOS.

Seperti yang diumumkan dalam posting blog Chromium baru-baru ini, berikut adalah beberapa fitur penting dari Chrome 99 yang layak untuk dicoba.

  1. API Pengenalan Tulisan Tangan

Chrome 99 baru memiliki fitur Handwriting Recognition API yang dapat mengenali dan mengubah tulisan tangan menjadi teks. Dengan fitur ini, Chrome 99 akan mengubah tulisan tangan Anda menjadi teks secara real-time dan di perangkat Anda.

  1. Hamparan Kontrol Window untuk Aplikasi Web Progresif

Kontrol Window adalah tombol di sebelah kanan dan kiri area bilah judul termasuk tombol perkecil, maksimalkan, dan tutup. Mereka juga menyertakan judul aplikasi.

Di Chrome 99, Anda dapat menempatkan konten khusus di area bilah judul dan mengganti bilah judul dengan hamparan kecil yang mampu menampung kontrol window. Ini akan membuat browser Chrome Anda lebih terlihat seperti aplikasi.

  1. Pintasan Unduhan

Item yang diunduh di versi Chrome sebelumnya biasanya ditampilkan berdampingan di bagian bawah browser. Namun, tampilan untuk pintasan unduhan Chrome 99 berada di atas dan mendapatkan ikon pintasan unduhan khusus.

Fitur ini masih dalam pengembangan dan akan diluncurkan ke versi stabil setelah selesai. Setelah diluncurkan, Anda juga dapat menyematkan Pintasan unduhan ke bilah yang berada di atas.

  1. Pemilih Terprogram

Chrome 99 memiliki fitur yang memungkinkan halaman web membuka browser untuk elemen seperti tanggal, warna, dan daftar data tanpa bergantung pada widget khusus dan CSS hacks.

Anda dapat menguji fitur baru ini melalui situs demo Glitch, di mana Anda dapat bereksperimen dengan memilih tanggal yang berbeda termasuk memilih tanggal khusus. Untuk melihat pratinjau, cukup klik pada drop-down Show picker.

  1. Origin Trials

Dengan Chrome 99, kini Anda dapat dengan mudah mendaftar di program origin trial Chrome. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mencoba fitur baru dan memberikan umpan balik tentang kegunaan, kepraktisan, dan efektivitas kepada komunitas standar web.

Dukungan mode gelap untuk aplikasi web adalah salah satu uji coba yang tersedia yang dapat dicoba jika mendaftar ke program origin trial.

Chrome 99 memiliki lebih banyak fitur baru yang menarik untuk ditawarkan. Namun, fitur ini sepertinya lebih banyak ditujukan untuk pengembang. Chrome saat ini akan merilis pembaruan baru setiap empat minggu.