Kurangi Bungkus Plastik, Gajah Tunggal Ingin Sukseskan Program <i>Sustainable Development Goals</i>
Produk ban Gajah Tunggal kini tak memakai bungkus plastik lagi. (foto: dok. gajah tunggal)

Bagikan:

JAKARTA – Dalam usahanya untuk mendukung kampanye lingkungan hidup yang bersih, PT Gajah Tunggal Tbk mulai mengurangi pemakaian plastik. Hal ini dilakukan karena selama ini produsen ban kendaraan nasional itu membungkus produknya dengan plastik, yang bisa menjadi sampah dan mencemari lingkungan.

Gajah Tunggal ingin mensukseskan kebijakan pemerintah seperti dalam Peraturan Presiden Nomor 97 Tahun 2017 yang menetapkan target pengurangan sampah hingga 30 persen pada  tahun 2025.

Hal ini sejalan dengan Sustainable Development Goals dari Perserikatan Bangsa-Bangsa dalam upaya mensejahterakan masyarakat yang mencakup 17 tujuan. Salah satunya adalah ikut berperan aktif dalam melindungi lingkungan.

“Pengurangan pemakaian plastik diterapkan secara bertahap pada produk ban motor IRC dan Zeneos mulai November 2021. Meskipun tak lagi memakai pembungkus plastik, kualitas dan performa produk tak akan berubah karena PT Gajah Tunggal Tbk selalu memberikan produk dan pelayanan terbaik kepada konsumen di seluruh dunia,” ungkap Leonard Gozali Head Of Marketing Division PT. Gajah Tunggal Tbk kepada media, Jumat, 19 November.

Kebijakan ini sebelumnya telah diterapkan pada produk ban mobil GT Radial yang tidak lagi menggunakan pembungkus plastik.

Gajah Tunggal telah menerapkan beberapa inisiatif dengan mengoptimalkan peran Research and Development untuk menghasilkan produk ramah lingkungan seperti IRC Ecotrax dan ban mobil GT Radial Champiro Ecotec.

Produk tersebut mampu menghemat bahan bakar dan bertujuan menciptakan masa depan berkelanjutan dengan memperhatikan tiga faktor sentral yaitu Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola, dikenal dengan Environmental, Social, and Governance (ESG).

Selain itu Gajah Tunggal juga melakukan penghijauan kawasan pabrik dan mengolah limbah untuk memastikan tidak terjadinya pencemaran lingkungan.

Hal ini merupakan komitmen mewujudkan ekosistem bisnis yang peduli kelangsungan lingkungan hidup demi masa depan yang lebih baik sebagaimana slogan Better  Business,  Better  World.