5 Penyebab Suara Mesin Mobil Kasar, Begini Cara Mengatasinya
penyebab suara mesin mobil kasar (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Setiap pemilik mobil pastinya ingin mesin kendaraannya memiliki tarikan lancar dan suara halus. Namun seringkali mesin mobil mengeluarkan suara yang kasar dan berisik ketika digas. Kondisi ini tentu saja mengganggu kenyamanan pengemudi dan menimbulkan pertanyaan apa penyebab suara mesin mobil kasar?

Mesin mobil menjadi komponen penting harus dirawat secara berkala untuk menjaga performanya tetap optimal dan tidak bermasalah. Apabila mesin tidak mendapatkan perawatan yang baik atau penggunaan dalam waktu lama, biasanya suaranya akan menjadi kasar atau menggerung. 

Kondisi mesin mobil bersuara kasar tersebut tidak boleh diabaikan, sebab jika dibiarkan dalam waktu lama bisa menimbulkan kerusakan yang lebih parah. Itulah mengapa penting untuk mengetahui penyebab suara mesin mobil kasar dan cara mengatasinya. 

Penyebab Suara Mesin Mobil Kasar

Mesin mobil kasar bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Banyak orang beranggapan bahwa suara mesin yang kasar terjadi karena penggunaan mobil dalam waktu lama. Padahal di samping itu ada sejumlah kondisi yang bisa membuat mesin mobil bersuara kasar atau menggerung. 

Untuk mengantisipasi permasalahan pada mesin mobil, berikut ini penyebab suara mesin mobil kasar yang perlu Anda tahu:

Kualitas Oli yang Menipis dan Sudah Buruk

Salah satu masalah umum yang menjadi penyebab suara mesin mobil kasar adalah kualitas oli yang buruk. Oli mesin yang sudah menipis atau kotor tidak bisa melumasi mesin secara optimal, sehingga menurunkan kinerja komponen mesin. Saat mesin beroperasi, komponen-komponennya akan mengalami gesekan yang kasar atau lebih keras. 

Itulah mengapa pemilik mobil harus mengecek kualitas oli mesin secara berkala. Pastikan kadar oli mesin masih dalam kondisi yang baik atau mencukupi sebagai pelumas. Selalu ingat kapan Anda perlu mengganti oli mesin maupun pelumas pada komponen lainnya. 

Bearing Mengalami Masalah

Faktor lainnya yang bisa menyebabkan mesin mobil bersuara kasar adalah bearing yang bermasalah. Apabila komponen ini rusak maka bisa menimbulkan suara kasar atau berisik pada mesin mobil. Bearing memiliki komposisi yang cukup kompleks, jadi sebaiknya lakukan pemeriksaan di bengkel untuk mengetahui kondisi dan penanganan yang tepat. 

Celah Katup Mesin yang Tidak Pas

Celah katup mesin yang tidak pas juga bisa membuat mesin mobil bersuara kasar. Jika celah katup terlalu longgar atau terlalu sempit maka dapat menjadi sumber masalah bagi mesin mobil Anda ketika dijalankan.  Umumnya celah katup mesin disetel pada ukuran 0,2-0,3 mm.

Perlu diperhatikan bawah semakin tinggi frekuensi penggunaan mobil, maka celah mesin akan lebih cepat longgar. Jika kondisi ini terjadi maka mesin akan mengeluarkan bunyi seperti logam yang bergesekan karena batang katup bergesekan dengan rocker arm. Begitup ketika celahnya terlalu sempit atau rapat maka batang katup menimbulkan tekanan berlebih pada bagian lain pada katup. 

Kompresor AC Mobil Bermasalah

Mesin mobil bersuara kasar juga bisa disebabkan karena kompresor AC mobil bermasalah. Apabila terdengar suara kasar atau berisik saat Anda menekan pedal gas, kemungkinan terdapat masalah pada kompresor AC mobil Anda. Kondisi ini bisa juga bisa dirasakan ketika mobil dinyalakan atau dikendarai. 

Kompresor AC mobil yang kekurangan oli bisa membuat mesin mengeluarkan suara yang kasar. Oli yang kotor karena jarang diganti juga akan menyebabkan penumpukan hingga menyumbat berbagai komponen mesin. Jadi pastikan untuk selalu memeriksa kompresor AC secara berkala untuk menghindari masalah ini. 

Bagian Tali Kipas yang Rusak

Kondisi lainnya yang bisa menyebabkan mesin mobil bersuara kasar adalah karena bagian tali kipas yang rusak. Dalam mesin mobil terdapat komponen yang disebut tali kipas. Komponen ini berfungsi sebagai penghubung antara kompresor AC serta alternator dengan bagian kipas radiator. 

Jika komponen tali kipas mengalami masalah maka gejala atau kondisi yang mudah dirasakan adalah mesin bersuara bising atau kasar. Rusaknya tali kipas bisa terjadi karena sudah kendur atau tidak layak digunakan. Solusi sementara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memberikan pelumas yang cukup untuk bagian tersebut. 

Cara Merawat Mesin Mobil agar Tidak Bersuara Kasar

Setelah mengetahui berbagai penyebab mesin mobil bersuara kasar, Anda juga perlu tahu cara atau langkah-langkah merawat mesin mobil. Seperti kata pepatah, lebih baik mencegah daripada memperbaiki. Perawatan mesin mobil tidak hanya dilakukan dalam bentuk service di bengkel, namun juga dimulai dari bagaimana cara Anda memperlakukan mobil.

Berikut ini beberapa tips merawat mesin mobil agar tidak bersuara kasar atau bising:

  1. Menggunakan bahan bakar kendaraan (BBM) sesuai dengan anjuran
  2. Memakai oli mesin sesuai spesifikasi yang dibutuhkan mobil Anda
  3. Lakukan pemeriksaan bagian luar mesin mobil secara rutin
  4. Menjaga kebersihan komponen AC untuk memastikan tidak ada kotoran atau debu yang menempel
  5. Lakukan pemeriksaan rutin terhadap komponen-komponen mesin mobil, 

Demikianlah beberapa penyebab suara mesin mobil kasar yang perlu dipahami oleh pemilik kendaraan roda empat. Mesin mobil merupakan komponen yang sangat penting dan krusial, sehingga harus diperlakukan perawatan secara rutin. Baca juga penyebab piringan cakram bergelombang dan cara mengatasinya. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.