Penyebab Body Mobil Keropos dan Cara Mencegahnya
Ilustrasi mobil berkarat (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Ada banyak penyebab body mobil keropos yang perlu diketahui. Dengan mengetahui penyebab terjadi kekeroposan di body mobil, Anda bisa melakukan pencegahan sejak awal.

Kondisi body mobil keropos tidak hanya mengganggu estetika mobil namun berdampak pada risiko keselamatan, terutama jika keropos terjadi di titik-titik penting.

Penyebab Body Mobil Keropos

Ada banyak hal yang jadi pemicu body mobil yang terbuat dari besi mengalami keropos, bahkan berlubang. Penyebabnya bisa karena faktor alamiah maupun keteledoran manusia. Penyebab kekeroposan adalah sebagai berikut.

  1. Karena Hujan Asam

Hujan ternyata bisa jadi penyumbang kekeroposan body mobil. Cuaca bahkan bisa merusak body mobil yang menggunakan besi dengan kualitas tinggi. Biasanya kondisi tersebut bisa disebabkan karena hujan yang mengandung asam. Solusi untuk menghindari keropos pada mobil karena hujan asam adalah dengan rajin mencuci mobil. 

  1. Air Laut

Air laut yang mengandung garam ternyata mampu merusak body mobil. Biasanya mobil yang digunakan di area pesisir akan mudah keropos. Hal itu terjadi karena air laut akan mengundang karat. Bahkan tidak hanya di body, air laut juga akan merusak komponen lain pada mobil yang terbuat dari besi. Solusinya adalah dengan sesering mungkin mencuci mobil.

  1. Bahan Makanan Tertentu

Jangan remehkan makanan yang tumpah di mobil. Pasalnya, beberapa bahan ternyata mampu memicu karat pada body mobil hingga berkarat. Akibatnya mobil akan keropos. Bahan makanan yang memicu karat hingga keropos adalah cuka.

  1. Zat Kimia

Zat kimia juga bisa jadi penyebab body mobil besi jadi keropos. Contoh zat kimia yang membuat body mobil keropos adalah pemutih. Penggunaan zat pemutih pada mobil memang jarang dilakukan. Namun bisa saja zat tersebut tumpah atau secara tidak sengaja terciprat ke body mobil.

  1. Perawatan Salah

Perawatan yang keliru juga memicu keropos pada body mobil, terutama jika dalam perawatan tersebut melibatkan bahan-bahan kimia atau perlakuan tertentu yang membuat body mobil terkikis. Usahakan untuk menyerahkan perawatan body mobil ke ahlinya.

  1. Faktor Usia

Faktor usia juga bisa berdampak pada ketahanan body mobil. Semakin tua usia materia semakin rawan keropos pula body mobil. Biasanya kondisi ini terjadi pada mobil dengan usia puluhan tahun.

Cara Mencegah Body Mobil Keropos

Keropos pada body mobil memang wajar terjadi. Besi memang secara alamiah mengalami kekeroposan. Meski demikian kekeroposan pada body mobil tetap bisa dicegah dengan cara berikut ini.

  1. Rajin Mencuci Mobil

Keropos bisa terjadi pada mobil baru. Hal itu dipicu karena faktor alam atau kecerobohan manusia. Agar body mobil tidak mudah keropos usahakan untuk mencuci mobil secara rutin, terutama jika mobil berada di area pantai atau baru terguyur hujan asam. Gunakan air bersih dan sabun khusus mobil. Selain itu lakukan perawatan bodi mobil saat musim hujan agar body tetap awet.

  1. Pakai Pelapis Plastik

Biasanya pelapis plastik digunakan di area kolong mobil atau area tertentu untuk melindungi body dari karat. Lapisan plastik berfungsi untuk memberi perlindungan pada bahan besi baik perlindungan dari goresan atau zat pemicu karat.

  1. Perbaiki Body yang Keropos Agar Tak Meluas

Jika pemilik kendaraan menjumpai keropos pada body mobil alangkah baiknya segera melakukan perbaikan dan pencegahan lain agar keropos tak meluas. Penanganan ini bisa dilakukan ke bengkel body atau bengkel spesialis lain.

Itulah informasi terkait penyebab body mobil keropos. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.