Kenali 5 Penyebab Rem Tangan Macet Beserta Cara Mengatasinya
Ilustrasi rem tangan (Foto: Pixabay/Bru-nO)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Informasi tentang penyebab rem tangan macet sangat penting untuk diketahui. Sistem ini berfungsi untuk mengurangi kecepatan dan menstabilkan mobil saat berhenti atau saat parkir di tempat yang miring. Nah, hand brake yang macet dapat membahayakan pengemudi, terlebih ketika mobil di tanjakan.

Lantas, apa saja penyebab rem tangan macet? Bagaimana mengatasi rem tangan yang macet? Simak rangkuman informasinya dalam artikel berikut ini.

Penyebab Rem Tangan Macet

1. Hand brake tidak dikembalikan setelah ditarik

Tak sedikit pengemudi mobil yang tidak paham dengan cara kerja rem tangan. Mekanisme kerjanya yakni ketika tuas ditarik, maka akan ada dua kabel yang tertarik ke rem belakang. Dengan memberikan tekanan kepada kabel-kabel tersebut, bantalan rem menempel pada cakram untuk menahan roda belakang tetap di tempatnya.

Bila mekanisme ini tidak diketahui, maka tentu akan membuat panik pengemudi. Untuk membuat mobil kembali berjalan, pengemudi perlu mengembalikan tuas rem tangan ke posisi semula.  

2. Terlalu kuat menarik tuas rem tangan

Penyebab rem tangan macet yang selanjutnya adalah pengemudi terlalu kuat menarik tuas hingga melebihi ambang batas gerigi di dalamnya. Penyebab ini bisa dicegah dengan menarik tuas rem tangan secara perlahan.

3. Menarik rem tangan saat mobil sedang berjalan

Kebiasaan pengemudi menarik tuas rem tangan ketika mobil masih dalam keadaan berjalan bisa jadi penyebab rem tangan macet.

Selain itu, kebiasaan ini juga bisa merusak komponennya serta membahayakan keselamatan pengemudi dan penumpang.

4. Menarik tuas rem tangan terlalu lama

Untuk menghentikan laju mobil ketika berhenti di lampu merah, biasanya pengendara akan menarik tuas rem tangan. Akan tetapi, sangat tidak disarankan untuk melakukan kebiasaan ini dalam jangka waktu yang lama.

Terlebih bila area di sekitar mobil terdapat genangan air atau sedang dalam kondisi banjir. Hal ini bisa mengakibatkan terjadinya karat dan pada akhirnya karat itu bisa membuat lengket pada rem sehingga rem tangan akan menjadi macet.

5. Kinerja kampas rem menurun

Penyebab rem tangan macet yang terakhir adalah menurunnya pengaturan brake shore atau yang disebut dengan kampas rem. Kampas rem yang sudah aus akan membuat tuas hand brake menjadi lebih tinggi ketika diaktifkan.

Oleh sebab itu, pemilik kendaraan perlu rutin mengganti kampas rem secara teratur. Biasanya, kampas hand brake mobil bisa bertahan hingga lima tahun.

Cara Mengatasi Rem Tangan Macet

Bila pemilik kendaraan sudah bisa mengindikasikan penyebab rem tangan macet, cara mengatasinya pun bisa dipraktikkan.

Berikut sederet cara mengatasi rem tangan macet:

1. Mengembalikan tuas rem tangan yang tidak bisa ditarik

Supaya dapat mengembalikan tuas rem tangan yang tidak bisa ditarik, pengemudi perlu mengangkat tuas rem dengan sangat kuat dan cepat menurunkan tuas hand brake. Cara ini dapat membuat rem tangan kembali normal seperti sedia kala.

2. Menarik tuas rem secara perlahan

Bila rem tangan macet disebabkan karena pengemudi terlalu kuat dalam menarik hand brake, maka solusinya adalah menarik tuas rem secara perlahan.

Jangan terlalu kuat ketika menarik rem tangan untuk menstabilkan mobil agar rem tangan tidak macet.

3. Tidak menggunakan rem tangan dalam waktu yang lama

Bila area di sekitar mobil sedang tergenang air, maka tidak disarankan untuk menggunakan rem tangan dalam waktu yang lama.

4. Pahami cara kerja rem tangan

Cara kerja rem tangan perlu dipahami supaya pengemudi tidak kebingungan ketika mengaktifkannya untuk menghentikan laju kendaraan.

5. Mengganti kampas rem

Cara mengatasi rem tangan macet yang terakhir adalah dengan mengganti kampas rem yang sudah tipis. Hal ini sangat penting untuk mencegah rem blong atau rem macet.

Demikian informasi tentang penyebab rem tangan macet dan cara mengatasinya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.