Skenario Timnas Indonesia U-23 Lolos ke Fase Gugur Piala Asia U-23
Timnas Indonesia U-23 minimal seri melawan Yordania U-23 di laga terakhir grup untuk lolos ke babak gugur (dok. PSSI).

Bagikan:

JAKARTA - Peluang Timnas Indonesia U-23 lolos ke babak gugur alias perempat final Piala Asia U-23 2024 terbuka lebar.

Garuda Muda menang tipis atas Australia U-23 dengan skor 1-0 pada laga kedua Grup A, Kamis, 18 April 2024, di Stadion Abdullah bin Khalifa.

Koleksi tiga poin membuat anak asuh Shin Tae-yong kini ada di peringkat kedua klasemen.

Situasi dari dua laga Grup A menguntungkan Garuda Muda. Soalnya, tuan rumah Qatar U-23 menekuk Yordania U-23 dengan skor 2-1.

Qatar U-23 kini memimpin klasemen Grup A dengan dua kemenangan, salah satunya ketika menekuk Indonesia U-23 2-0.

Sementara Yordania U-23 dan Australia U-23 ada di peringkat ketiga dan keempat dengan sama-sama mengoleksi satu poin dari dua laga. Satu poin itu mereka dapatkan ketika keduanya bentrok dan berakhir 0-0.

Artinya, posisi Indonesia U-23 berada di atas angin. Menilik sistem head-to-head di Piala Asia U-23 2024, Garuda Muda lebih diuntungkan.

Skenario pertama, Indonesia U-23 cuma butuh hasil seri melawan Yordania U-23 dengan catatan Australia U-23 maksimal bermain seri kontra Qatar U-23.

Kemudian, andaikan Australia U-23 menang di laga terakhir, Garuda Muda juga harus menang biar lebih aman.

Kalau Australia U-23 menang dan Indonesia U-23 seri, mereka akan sama-sama mengoleksi empat poin. Peluang Garuda Muda terbilang menipis karena ketentuan kedua dalam head-to-head akan melihat selisih gol.

Soalnya, Australia U-23 punya kans besar memiliki selisih gol lebih baik andai menang melawan Qatar U-23.

Intinya, Indonesia U-23 wajib menang jika ingin melenggang mulus ke babak gugur. Selain itu, Garuda Muda tidak boleh kalah melawan Yordania U-23 karena kekalahan membuat mereka dipastikan tergusur dari peringkat kedua klasemen Grup A.

Terkait