Asnawi Mangkualam Hijrah ke Thailand dari Korea Selatan
Asnawi Mangkualam Bahar pemain baru Port FC (Instagram/portfc_official).

Bagikan:

JAKARTA - Beberapa penggawa Timnas Indonesia mendapatkan klub baru selepas penampilan di Piala Asia 2023. Setelah Shayne Pattynama, Elkan Baggott, dan Pratama Arhan, Asnawi Mangkualam Bahar ikut berlabuh ke klub anyar.

Kapten Skuad Garuda itu mengakhiri kebersamaan bersama klub Korea Selatan, Jeonnam Dragons. Dia resmi hijrah ke Thailand bergabung Port FC pada akhir Januari 2024.

"Resmi. Kesepakatan besar telah terjalin. Port mengumumkan akuisisi Asnawi, kapten Timnas Indonesia," tulis akun Instagram resmi Port FC.

"Dari pesaing berpotensi menjadi anggota tim. Asnawi adalah pemain baru di Liga Thailand, tapi dia bukan pemain baru bagi para pemain Liga Thailand."

"Terima kasih kepada penggemar sepak bola Indonesia karena telah mengikuti klub kami! Tolong berikan dukungan kepada klub kami."

Asnawi dijadwalkan langsung bergabung latihan Port FC usai membela Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Dia pun sudah memberikan ucapan kedatangan kepada fans klub berjuluk Port Lions itu.

"Halo, Port FC, sampai jumpa di Bangkok. Sawadikap (terima kasih)," ujar Asnawi.

Port FC sudah merilis nomor jersey skuad pada Senin, 5 Januari 2024. Asnawi akan mengenakan nomor punggung 5 selama mengarungi paruh musim kedua Thai League 1 2023/2024.

Belum jelas berama lama kontrak Asnawi di Port FC. Yang jelas dia akan bermain di Thai League 1 sampai akhir musim 2023/2024.

"Port FC menutup kesepakatan penting di pengujung bursa jual beli pesepak bola setelah mengumumkan akuisisi bek kanan Asnawi Mangualam, kapten Timnas Indonesia, untuk bergabung dengan skuad guna bertarung di paruh kedua musim resmi 2023/2024 sebagai kuota ASEAN," tulis Port FC.

Sementara itu, Asnawi Mangkualam Bahar menjadi pemain Timnas Indonesia kedua sepanjang sejarah Port FC yang pernah bermain di sana.

Sebelumnya, ada Terens Puhiri yang pernah membela Port FC pada 2018.

Asnawi tampil mengesankan bersama Skuad Garuda di Piala Asia 2023. Dia membantu Timnas Indonesia melaju ke 16 besar untuk pertama kali dalam sejarah keikutsertaan di turnamen tersebut.

Penampilan sang bek kanan asal Makassar itu memang mencuri perhatian. Dia sudah bergabung dalam beberapa tim nasional kelompok umur, yaitu U-16, U-19, dan U-23.

Pemain 24 tahun itu sudah melakoni 38 pertandingan bersama Timnas Indonesia dan membantu tim menjadi runner-up Piala AFF 2020 dan semifinalis edisi 2022.

Asnawi Mangkualam memang tengah melanglang buana di luar Indonesia. Selepas membela PSM Makassar, dia hengkang ke Ansan Greeners yang bermain di K League 2 atau level kedua kompetisi Korea Selatan pada 2021.

Dia sudah mengemas 66 pertandingan serta mencetak dua gol dan lima assist.

Pada Januari 2023, dia hijrah ke sesama klub K League 2, Jeonnam Dragons. Namun, kebersamaan dia hanya setengah musim di sana sebelum bergabung Port FC.

Saat ini, Port FC ada di papan atas Thai League 1, kompetisi level teratas Thailand. Mereka ada di peringkat ketiga dengan 29 poin dari 15 laga, berada di bawah Bangkok United dan Buriram United.