Kelolosan Timnas Indonesia ke 16 Besar Bergantung Laga Lain, Shin Tae-yong Tak Ingin Pemain Stres Menunggu
Kelolosan Timnas Indonesia ke 16 besar Piala Asia 2023 ditentukan laga grup lain (dok. AFC).

Bagikan:

JAKARTA - Kekalahan 1-3 yang diterima Timnas Indonesia atas Jepang pada partai terakhir Grup D Piala Asia 2023 membuat status lolos ke babak 16 besar kian terjal.

Skuad Garuda masih harus menunggu hasil laga Oman vs Kirgistan dan Yordania vs Bahrain yang akan tampil pada Kamis, 25 Januari 2024, malam WIB.

Terkait situasi tersebut, Shin Tae-yong mengimbau agar para pemain terlalu memikirkan hal itu hingga membuat mereka menjadi stres. Juru taktik asal Korea Selatan ini meminta penggawa Skuad Garuda beristirahat dan menenangkan pikiran.

"Besok (Kamis) kami akan istirahat dan akan melihat hasil dari pertandingan di grup lain. Saya ingin membiarkan mereka (para pemain) bersantai tanpa stres. Saya akan membiarkan mereka untuk menonton saja sendiri," ujar Shin Tae-yong selepas pertandingan pada Rabu, 24 Januari 2024.

Shin Tae-yong mengatakan bahwa setelah laga berat melawan Jepang, timnya memang perlu istirahat untuk pemulihan. Sang pelatih juga tak banyak komentar soal kans kelolosan ke 16 besar Piala Asia 2023.

"Lolos atau tidak, normalnya memang pemulihan, jadi besok (25 Januari 2024) akan istirahat.

"Tentu segalanya bisa terjadi. Saya tidak bisa mengatakan apa pun untuk besok seperti apa. Saya enggan berkomentar," kata Shin Tee-yong.

Timnas Indonesia mestinya bisa memastikan tiket ke babak 16 besar lewat jalur peringkat ketiga terbaik. Syaratnya mereka harus menang atau minimal seri melawan Jepang.

Namun, target meleset. Situasi itu membuat nasib Timnas Indonesia ditentukan lewat hasil laga lainnya.

Skema yang bisa membuat Timnas Indonesia lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 ialah Bahrain kalah dengan minimal selisih tiga gol dari Yordania atau duel Kirgistan kontra Oman berakhir maksimal seri.

Timnas Indonesia juga bisa lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 jika Kirgistan menang tak lebih dari selisih satu gol atas Oman.