Rafael Struick Optimistis Timnas Indonesia Putus Tren Buruk Saat Berjumpa Vietnam
Rafael Struick akui Timnas Indonesia lebih kuat setelah kekalahan lawan Irak di laga pertama Piala Asia 2023 (dok. PSSI).

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia akan menghadapi Vietnam pada laga kedua Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Jumat, 19 Januari 2024.

Salah satu penggawa Skuad Garuda, Rafael Struick, optimistis bisa mengambil tiga poin kontra Vietnam. Soalnya, pelatih Shin Tae-yong sudah melakukan banyak evaluasi dari kekalahan laga perdana melawan Irak 1-3.

"Setelah laga pertama, saya pikir evaluasinya adalah kami harus bekerja lebih keras lagi di laga kedua. Sekarang, kami fokus ke pertandingan melawan Vietnam nanti," kata Rafael.

"Saya melihat laga mereka (Vietnam) melawan Jepang. Kami akan mempertajam pola permainan kami dalam mencetak gol kala melawan Irak," ujarnya di laman PSSI.

Lebih lanjut, Rafael menegaskan latihan penyerangan tersebut merupakan cara mengatasi ketatnya lini bertahan Vietnam.

"Pertahanan mereka bagus. Kami akan mencoba membongkarnya. Akan sulit mungkin, tapi kami punya kesempatan untuk bisa melakukannya," tuturnya.

Keyakinan Rafael Struick tak lepas dari motivasi untuk memutus catatan negatif Timnas Indonesia saat bertemu Vietnam.

Menilik enam pertemuan terakhir, Skuad Garuda tidak pernah menang dengan perincian tiga seri dan tiga kekalahan.

Sementara itu, Rafael menyebutkan dirinya dalam kondisi baik, tapi sedikit letih pascalaga pertama. Meski begitu, hal tersebut bukan suatu masalah.

Dia sudah siap memberikan yang terbaik agar Timnas Indonesia bisa meraup poin sempurna melawan Vietnam untuk menjaga peluang lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 sekaligus memperbaiki statistik perjumpaan.

Saat ini, Timnas Indonesia menduduki posisi keempat klasemen Grup D Piala Asia tanpa poin. Perolehan tersebut sama dengan Vietnam, tapi Skuad Garuda kalah dalam selisih gol.

Terlepas dari itu, bentrok Timnas Indonesia vs Vietnam di Piala Asia merupakan kali pertama terjadi. Sebelumnya, kedua tim tidak pernah bertemu di ajang sepak bola terbesar Konfederasi Asia ini.

Head-to-Head Timnas Indonesia vs Vietnam

7 Desember 2016 Vietnam 2-2 Indonesia (Piala AFF)

15 Oktober 2019 Indonesia 1-3 Vietnam (Kualifikasi Piala Dunia)

7 Juni 2021 Vietnam 4-0 Indonesia (Kualifikasi Piala Dunia)

15 Desember 2021 Indonesia 0-0 Vietnam (Piala AFF)

6 Januari 2023 Indonesia 0-0 Vietnam (Piala AFF)

9 Januari 2023 Vietnam 2-0 Indonesia (Piala AFF)

Terkait