Ragam Olahraga untuk Kesuburan Rahim, Dapat Meningkatkan Peluang Kehamilan
Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Kesuburan rahim merupakan salah satu faktor penting dalam terjadinya kehamilan. Bila Anda dan pasangan sedang menjalani program hamil, ada beberapa pilihan olahraga untuk kesuburan rahim yang bisa Anda praktikkan.

Selain membantu menjaga daya tahan tubuh, membakar lemak, dan mengatasi kelebihan berat badan bagi Anda yang mengalami obesitas, olahraga juga baik untuk meningkatkan peluang kehamilan dalam satu siklus menstruasi.

Berbagai riset menunjukkan bahwa olahraga bisa membantu melancarkan proses ovulasi dan menstruasi. Bagi pria, olahraga bisa membuat tubuh lebih sehat dan bugar yang nantinya akan berdampak pada kualitas sperma.

Olahraga untuk Kesuburan Rahim

Dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu, 4 November 2023, berikut sejumlah olahraga yang dapat meningkatkan kesuburan rahim:

  • Olahraga aerobik: Selain dapat meningkatkan kesehatan jantung dan paru, olahraga aerobik juga dapat membantu meningkatkan kesuburan wanita. Dengan meningkatnya kesuburan rahim, maka kemungkinan untuk mendapatkan kehamilan lebih besar.
  • High Intensity Interval Training (HIIT): Latihan intensitas tinggi dapat membantu mempersiapkan kehamilan yang sehat asalkan dilakukan di bawah pengawasan instruktur terlatih. Tak hanya itu, latihan HIIT juga dapat membakar lemak dalam waktu yang lebih singkat. Latihan HIIT mencakup burpees, tuck jumps (melompat sambil mengangkat kaki setinggi mungkin), dan mountain climber (gerakan seperti mendaki gunung). Khusus bagi pederita PCOS (gangguan kesuburan akibat sindrom ovarium polikistik), latihan HIIT dapat mengurangi kelebihan testosterone dan mengurangi keparahan gejala PCOS.
  • Main-Body Exercise: Latihan ini dapat meningkatkan kesuburan rahim dengan cara mengurangi tingkat stres. Latihan main-body exercise mencakup yoga, pilates, dan tai chi. Selain itu, latihan ini juga dapat mengurangi keparahan gejala PCOS.
  • Senam kegel: Senam kegel dapat mengencangkan otot-otot panggul, kandung kemih dan vagina. Selain baik dilakukan saat hamil dan setelah melahirkan, olahraga ini juga bisa dilakukan sebagai senam untuk program hamil. Supaya mendapatkan hasil yang masikmal Anda disarankan untuk melakukan senam kegel secara rutin setidaknya 3 kali dalam sepakan.
  • Latihan kekuatan: Berdasarkan riset yang mempelahari berbagai jenis intervensi olahraga untuk PCOS, latihan kekuatan sangat efektif untuk mengurangi indeks androgen bebas (kadar testosterone). Latihan kekuatan dengan intensitas yang tinggi dan sedang memberikan hasil positif dan semakin sering dilakukan, hasilnya akan semakin optimal.
  • Jogging: Jogging adalah satu olahraga kardiovaskular yang baik untuk jantung. Selain itu, jogging juga bisa meningkatkan kesuburan serta dapat meningkatkan peluang hamil. Jogging sangat mudah dilakukan, tanpa memerlukan alat bantuan, jogging bisa dilakukan sendirian atau bersama pasangan.

Demikian informasi tentang olahraga untuk keseburan rahim. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.

Terkait