Teknik Jalan Cepat Efektif
Teknik Jalan Cepat (Foto Jeremy Bishop- Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Jalan cepat adalah salah satu latihan kardio termudah dan paling efektif. Dan, yang terbaik, Anda mungkin sudah memiliki semua yang Anda butuhkan untuk memulai. Yuk caritas teknik jalan cepat!

Pasalnya, Anda dapat melakukan jalan cepat yang memicu keringat di dalam atau di luar ruangan dan tanpa peralatan khusus. Sepasang sepatu kets yang bagus adalah semua yang Anda butuhkan untuk mulai menuai banyak manfaat dari jalan cepat.

Kunci untuk melakukan olahraga yang baik dengan jalan cepat adalah mempertahankan kecepatan yang memberikan latihan yang menantang bagi jantung dan paru-paru Anda, tetapi tidak terlalu keras sehingga Anda kehabisan tenaga terlalu cepat.

Teruslah membaca untuk mengetahui cara meningkatkan kesehatan fisik dan mental Anda dengan jalan cepat serta manfaat yang dapat Anda petik dari bentuk latihan ini.

Teknik Jalan Cepat

Ilustrasi Jalan Cepat (matthew Feeney - Unsplash)
Ilustrasi Jalan Cepat (Foto Matthew Feeney - Unsplash)

 

Postur Berjalan

Postur berjalan dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk berjalan dengan kecepatan intensitas sedang. Jika Anda memiliki kondisi medis yang memengaruhi postur tubuh Anda dan menyulitkan Anda untuk berjalan tegak, bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan yang dapat memberi tahu Anda tentang apa yang terbaik dalam situasi Anda. Mereka dapat memberi tahu Anda jika kiat berikut berlaku dalam situasi Anda.

  • Jangan condong ke depan atau ke belakang.
  • Tarik pusar ke arah tulang belakang. Jaga otot perut tetap kencang, tetapi jangan terlalu kencang.
  • Tetap bernafas; jangan menahan nafas.
  • Jaga pandangan Anda ke depan dan jangan melihat ke bawah. Fokus 20 kaki di depan Anda.
  • Relakskan rahang Anda untuk menghindari ketegangan di leher Anda.
  • Angkat bahu sekali dan biarkan bahu Anda jatuh dan rileks, dengan bahu sedikit ke belakang.
  • Berdiri tegak, tanpa melengkungkan punggung.
  • Kepala Anda harus diangkat sehingga dagu Anda sejajar dengan lantai, mengurangi ketegangan pada leher dan punggung Anda.
  • Kepala Anda harus tetap tegak saat Anda berjalan; semua gerakan harus dilakukan dari bahu ke bawah.

Gerak Lengan Berjalan

Menggunakan posisi dan gerakan lengan yang tepat saat berjalan dapat membantu Anda berjalan lebih cepat dan meningkatkan intensitas. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda meningkatkan gerakan lengan Anda.

  • Tekuk lengan Anda 90 derajat di siku.
  • Jangan membawa apapun di tangan Anda saat berjalan.
  • Jaga agar lengan dan siku Anda tetap dekat dengan tubuh Anda daripada mengarah ke luar.
  • Gerakkan tangan Anda berlawanan dengan kaki Anda. Saat kaki kanan Anda maju, lengan kanan Anda ke belakang dan lengan kiri Anda ke depan.
  • Di backswing, pikirkan untuk meraih dompet di saku belakang Anda. Meskipun Anda menginginkan backswing yang bagus, jangan melebih-lebihkannya dan berakhir dengan bersandar.
  • Gerakan lengan Anda sebagian besar harus maju-mundur, bukan diagonal. Itu juga harus sebagian besar rata, tanpa menjangkau melewati tulang dada Anda saat lengan Anda maju.

Gerak Kaki Berjalan

Anda dapat meningkatkan kecepatan Anda dari bawah ke atas dengan memperhatikan gerakan kaki Anda saat berjalan. Yang mengatakan, jika Anda memiliki kondisi medis yang memengaruhi gerakan kaki Anda dan membuat Anda sulit berjalan dengan lancar, bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan yang dapat memberi tahu Anda tentang apa yang terbaik dalam situasi Anda. Mereka dapat memberi tahu Anda jika tip berikut berlaku dalam situasi Anda atau memberi Anda rujukan ke terapis fisik atau okupasi yang dapat membantu Anda.

  • Serang dengan tumit Anda dan gulingkan setiap langkah dari tumit hingga ujung kaki.
  • Berikan dorongan yang kuat dengan bola kaki dan jari kaki Anda di ujung langkah Anda.
  • Jika Anda menemukan bahwa kaki Anda menampar tanpa menggulung anak tangga, kemungkinan besar Anda mengenakan sepatu bersol kaku. Beralih ke sepatu lari yang fleksibel di kaki depan.

Langkah Berjalan

Langkah berjalan Anda juga penting. Bertujuan untuk mengambil lebih banyak langkah dari panjang langkah alami Anda daripada mencoba memperpanjang langkah Anda.

Ketika Anda menambahkan panjang, itu harus berada di belakang Anda. Pertahankan kaki belakang Anda di tanah lebih lama dan kemudian dorong dengan kuat dengan jari-jari kaki Anda.

Tahan keinginan untuk melangkah terlalu jauh saat Anda mencoba berjalan lebih cepat. Kaki depan Anda harus menyerang lebih dekat ke tubuh Anda. Perhatikan apakah Anda terlalu memaksakan kaki di depan tubuh Anda.

Apa Manfaat Jalan Cepat?

Latihan kardio teratur, seperti jalan cepat, menawarkan berbagai manfaat fisik dan mental. Beberapa manfaat yang diteliti dengan baik meliputi:

Penurunan berat badan. Jalan kaki dapat membantu Anda menurunkan berat badan berlebih dengan membakar lebih banyak kalori, meningkatkan massa otot tanpa lemak, dan meningkatkan suasana hati sehingga Anda cenderung terus berjalan.

Peningkatan kesehatan jantung. Menurut ulasan studi, berjalan kaki 5 hari seminggu dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Latihan kardio teratur juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (jahat) dalam darah Anda.

Darah rendah. Penelitian telah menemukan bahwa latihan kardio secara teratur dapat membantu menurunkan tekanan darah Anda.

Menurunkan gula darah. Jalan cepat secara teratur dapat meningkatkan sensitivitas insulin Anda. Ini berarti sel-sel di otot Anda lebih mampu menggunakan insulin untuk menarik glukosa sebagai energi, baik sebelum maupun sesudah Anda berolahraga.

Peningkatan kesehatan mental. Penelitian juga menunjukkan bahwa olahraga dapat meningkatkan harga diri, meningkatkan kualitas tidur, membangun kekuatan otak, dan banyak lagi.

Jadi setelah mengetahui teknik jalan cepat, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!