Koki Turki Salt Bae Dikecam Lantaran Berani Sentuh Trofi dan Gigit Medali Piala Dunia
Salt Bae memegang trofi Piala Dunia (Instagram @nusr_et)

Bagikan:

JAKARTA — Juru masak Turki Nusret Gokce atau yang familiar dikenal sebagai Salt Bae dikecam habis-habis di media sosial lantaran berani menyentuh trofi Piala Dunia usai kemenangan Argentina akhir pekan kemarin.

Koki berusia 39 tahun itu ikut memasuki lapangan saat La Albiceleste merayakan kemenangan mereka atas Prancis di Stadion Lusail, Minggu, 18 Desember kemarin.

Dalam berbagai potongan video yang beredar, ia terlihat mengambil trofi dari tangan Angel di Maria serta membuat gerakan ikoniknya menaburkan garam ke atas trofi saat dipegang oleh Lisandro Martinez. Dia juga menggigit medali juara milik Franco Armani.

Ia juga sempat mengangkat trofi dan meletakkan di atas kepala serta menciumnya. Tidak cuma itu, koki dading ini juga tertangkap kamera memegang bahu mega bintang Lionel Messi sebanyak dua kali.

Tindakan ini lantas mendapat perhatian dari warganet karena Salt dianggap melanggar aturan FIFA. Mantan pemain sepak bola Inggris dan sekarang pembawa acara BBC Gary Lineker bahkan menyebut Salt Bae sebagai 'hama'.

Sementara itu, pengguna media sosial lainnya justru mempertanyakan mengapa Salt Bae diberi akses ke lapangan. Akses ke lapangan ini kemungkinan bisa didapat Salt karena ia diketahui berteman baik Presiden FIFA Gianni Infantino.

Momen merayakan kemenangan Argentina itu kemudian diunggah Salt Bae di media sosial dalam format foto dan video. Itu termasuk selfie dirinya bersama Messi dan serta posenya saat menggigit medali milik pemain.

"Kamu seharusnya tidak menyentuh trofi. Hanya para pemain dan staf yang bekerja keras untuk menjadi juara yang memiliki hak itu. Kamu hanya ingin mencari perhatian," komentar salah satu netizen menanggapi unggahan itu.

Jika merujuk aturan FIFA, trofi asli sebenarnya hanya dapat disentuh dan dipegang oleh orang-orang terpilih, termasuk mantan pemenang Piala Dunia FIFA dan kepala negara.

Salt Bae bukanlah selebritas pertama yang kecam karena berani menyentuh trofi. Pada tahun 2014 lalu ketika Jerman menang, penyanyi Rihanna juga diketahui menyentuh, selfie, dan mencium trofi Piala Dunia.