Perolehan Medali SEA Games Naik 20 Persen, Proses Seleksi Atlet untuk Asian Games dan Olimpiade Bakal Sama
Prosesi penyerahan bonus peraih medali SEA Games 2021. (Foto: Dok. Setkab)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengungkapkan data membanggakan pada ajang SEA Games 2021 Hanoi. Dia mengatakan, perolehan medali kontingen Indonesia naik hingga 20 persen lebih dari gelaran sebelumnya.

Padahal, jumlah atlet yang dikirim justru dikurangi.

Hal tersebut disampaikan Menpora saat mendampingi Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan bonus kepada atlet peraih medali SEA Games 2021 di Istana Merdeka, Jakarta, Senin, 13 Juni.

“Perolehan medali meningkat 20,56 persen, yaitu menjadi 80,96 persen bila dibandingkan dengan SEA Games ke-30 di Filipina yang lalu, yakni hanya 60,40 persen,” kata Menpora dikutip dari laman resmi Sekretariat Kabinet.

Seperti diketahui, atlet Indonesia yang diberangkatkan di SEA Games ke-31 hanya 449 orang. Sedangkan pada SEA Games tahun sebelumnya berjumlah 841 orang, dengan begitu ada sekitar 40,67 persen pengurangan.

Tapi pengurangan itu menurut Menpora justru berdampak positif terhadap catatan perolehan medali bagi Indonesia. Sebab dengan efisiensi kuantitas, kualitas yang diberikan justru lebih optimal.

“Persentase atlet yang tidak mendapatkan medali menurun, yakni 17,4 persen bila dibandingkan dengan SEA Games ke-30 yakni sebesar 39,60 persen, berarti terdapat perbaikan sekitar 22,56 persen,” lanjut Menpora.

Dengan pencapaian ini, Kemenpora akan konsisten enerapkan cara penyeleksian sebagaimana yang telah dilakukan pada SEA Games ke-31 untuk event selanjutnya. Ada dua ajang besar yang bakal dihadapi, yakni Asian Games dan Olimpiade.

“Pada SEA Games ke-31 ini (proses seleksi) kita ubah, kita berorientasi kepada kualitas, yaitu hanya atlet yang benar-benar bisa diprediksikan dapat menyumbangkan medali yang dikirim serta yang dipersiapkan untuk bisa mengikuti jenjang multievent yang tingkatannya lebih tinggi dan kompetitif, yaitu Asian Games dan Olimpiade," tuturnya.