Penumpang Bus Damri di Bandara Lombok Meningkat Jelang MotoGP Mandalika
Ilustrasi armada bus DAMRI. (Antara/HO-DAMRI)

Bagikan:

JAKARTA – Penumpang bus Djawatan Angkutan Motor Republik Indonesia (Damri) di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok mengalami peningkatan menjelang gelaran MotoGP Mandalika 2022.

Selain karena adanya MotoGP, peningkatan penumpang itu terjadi sejak aturan wajib tes PCR dan antigen untuk pelaku perjalanan dalam negeri dihapus beberapa hari lalu.

"Penumpang meningkat sekitar 20-30 persen sejak beberapa hari lalu. Mereka rata-rata dari Bandara menuju ke Mataram," kata Gusti, selaku supir bus Damri dalam keterangan yang diterima VOI, Selasa.

Saat ini, pemerintah sudah menyediakan moda transportasi berupa bus umum menjelang MotoGP di Sirkuit Mandalika pada 18-20 Maret nanti.

Moda transportasi itu akan mengangkut penumpang dari Bandara Internasional Lombok ke sejumlah tujuan di pulau tersebut.

Rute bus Damri yang disediakan itu di antaranya adalah rute Bandara menuju Terminal Bus Mandalika di Mataram, Bandara ke Lombok Epicentrum Mal, Bandara ke Senggigi dan Bandara ke Bangsal.

Selain itu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mendukung pelaksanaan MotoGP Mandalika 2022 juga menyiapkan enam rute bus ulak alik (shuttle bus) gratis dari Sirkuit Mandalika ke sejumlah tujuan.

Keenam rute bus gratis itu yakni Sirkuit Mandalika-Pelabuhan Bangsal, Sirkuit Mandalika-Pusat Kota Mataram, Sirkuit Mandalika-Pelabuhan Lembar, Sirkuit Mandalika-Pelabuhan Gili Mas, Sirkuit Mandalika-Bandara Internasional Lombok, serta Sirkuit Mandalika-Pelabuhan Kahyangan.