Liga 1 Mau Dimulai Tapi Regulasi Belum Rampung, Sampai Kapan?
Sesi latihan klub Liga 1 (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Lanjutan Liga 1 musim 2020 berlangsung pada 1 Oktober 2020 hingga 28 Februari 2021. Tapi, PT Liga Indonesia Baru (LIB) belum juga merampungkan regulasi pertandingan.

Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita mengatakan pihaknya menargetkan regulasi terbaru Liga 1 musim 2020 tuntas sebelum 18 September.

"Kami berharap (tuntas) sebelum manager meeting terakhir pada 18 September," ujar Akhmad Hadian dilansir dari Antara, Rabu, 8 September.

Dia menyebut, regulasi Liga 1 masih ditelaah bersama PSSI, termasuk pula regulasi untuk Liga 2 2020.

"Semuanya masih proses, tetapi semakin mengerucut," tutur Akhmad Hadian.

Liga 1 musim 2020 akan digelar di Pulau Jawa. Dengan dikonsentrasikan di sana, tim-tim akan berpindah-pindah dengan transportasi darat demi mencegah penyebaran COVID-19.

Karena berlangsung di tengah pandemi COVID-19, ada beberapa perubahan yang dibubuhkan di regulasi terkini Liga 1 2020.

Meski belum diumumkan secara resmi, beberapa amandemen itu sudah beredar di publik seperti kewajiban klub memasukkan pemain U-20 dalam daftar susunan pemain, maksimal lima kali pergantian pemain dalam satu pertandingan dan tidak ada degradasi pada akhir musim.

Sementara Liga 2 Indonesia musim 2020 bergulir pada 17 Oktober-5 Desember 2020. Kompetisi ini berlangsung dengan format yang sama sekali baru yaitu berbentuk turnamen yang melewati penyisihan grup, perempat final sampai final.

Baik Liga 1 dan 2 dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat. Semua laga dilangsungkan tanpa kehadiran penonton di stadion dan pengetesan COVID-19 akan dilakukan secara rutin.