Asnawi Mangkualam Targetkan Kemenangan Timnas Indonesia di Turki Demi Naikkan Ranking FIFA 
Asnawi Mangkualam Bahar (Instagram @asnawi_bhr)

Bagikan:

JAKARTA - Bek Asnawi Mangkualam sudah memasang target sebelum keberangkatan timnas Indonesia ke Turki. Asnawi membidik kemenangan untuk skuat Garuda demi bisa menaikkan posisi di ranking FIFA.

Timnas Indonesia bertolak ke Turki pada Kamis, 11 November malam untuk menjalani pemusatan latihan sekaligus uji coba melawan Afghanistan dan Myanmar. 

Persiapan matang telah dijalani Asnawi bersama rekan setim. Karena itu, ia pun percaya diri dengan menaruh target kemenangan untuk skuat Garuda. 

"Tentunya kami berharap akan bisa mendapatkan kemenangan dalam laga penting (melawan Afghanistan) agar bisa menaikkan ranking di FIFA," ujar Asnawi Mangkualam saat pelepasan timnas di Hotel Sultan, Jakarta pada Kamis malam.

Target kemenangan itu dipampang Asnawi karena ia tahu jadwal uji coba melawan Afghanistan adalah agenda resmi FIFA. Artinya, jika timnas menang otomatis menaikkan ranking Indonesia. 

Selain untuk membantu menaikkan ranking, kemenangan yang ditargetkan Asnawi juga diharap bisa menambah rasa percaya diri tim. Pasalnya, setelah laga uji coba, timnas akan langsung tampil di Piala AFF 2020.

Asnawi juga bercermin pada hasil baik yang diraih timnas saat melawan Taiwan di play-off Kualifikasi Piala Asia 2023. Saat itu, timnas berhasil menang dari lawan yang rankingnya lebih tinggi.

"Kerja keras perlu untuk dapatkan hasil terbaik dan kita bisa bertanding di Piala AFF 2021 nanti. Saya sangat bangga soalnya pernah lawan Taiwan yang saat itu ranking FIFA di atas kita dan dapatkan hasil agregat 5-1," tandasnya. 

Timnas Indonesia akan melakoni laga uji coba kontra Afghanistan pada 16 November, disusul Myanmar pada 25 November. Setelah itu, mereka akan langsung bertolak ke Singapura untuk berlaga di Piala AFF 2020.