Album <i>Pengantar Purifikasi Pikir</i> dari Kunto Aji Tampil dalam Bentuk Lukisan
Kunto Aji (tengah) alih wahanakan album Pengantar Purifikasi Pikir ke dalam lukisan (Dok. Istimewa)

Bagikan:

JAKARTA - Album terbaru Kunto Aji yang dirilis pada September lalu, Pengantar Purifikasi Pikir, dialihwahanakan ke dalam bentuk lukisan.

Bekerja sama dengan Antonio Reinhard, Kunto Aji memvisualisasikan 9 lagu yang terdapat dalam album tersebut. Nantinya, lukisan-lukisan itu akan dipamerkan di Jakarta Illustration & Creative Arts Fair (JICAF).

Pelantun Pilu Membiru itu mengaku ide menghadirkan album Pengantar Purifikasi Pikir ke dalam lukisan muncul ketika sedang berdiskusi bersama seorang teman. Kemudian ia diperkenalkan dengan Antonio Reinhard yang ia kenal lebih dulu lewat karya-karyanya.

“Saya suka sih, suka banget, memang dari awal sudah dikasih tahu karya-karya Tony, saya juga sudah melihat di IG, memang gaya dan style-nya suka,” kata Kunto Aji di SCBD, Jakarta Selatan, Kamis, 16 November.

Kunto Aji puas dengan karya-karya yang akan dipamerkan. Namun, ia tidak ingin terjebak dengan bagaimana interpretasi lukisan Antonio Reinhard terhadap lagu dari albumnya. Kunto merasa lagu-lagunya bisa dimaknai dengan banyak cara.

“Kalau sesuai atau nggak, sebenarnya saya nggak pernah (membatasi interpretasinya). Kayak lagu saya ini, orang lain mau menangkapnya kayak apapun (ya nggak apa-apa),” ujar Kunto Aji.

“Saya justru akan lebih senang ketika ada orang yang nangkapnya beda, berarti kan mereka menangkap satu detail yang saya nggak dapat dari situ,” lanjutnya.

Adapun, hasil karya Kunto Aji dan Antonio Reinhard dapat dinikmati dan dibeli di Illustration & Creative Arts Fair (JICAF) yang diselenggarakan di ASHTA District 8 SPACE8 + Main Atrium Jakarta.

Seluruh karya dapat dibeli eksklusif selama pameran JICAF 2023 berlangsung. Saat ini, terdapat lima karya dengan harga Rp300.000. Sementara, empat karya lain dapat dibeli di batch selanjutnya.

Sebagai informasi, Jakarta Illustration & Creative Arts Fair (JICAF) masih dapat dikunjungi hingga 19 November. Pameran ini dibuka pukul 10.00-20.00 WIB dengan tiket masuk seharga Rp60.000 per hari atau Rp150.000 untuk All Event.