Puluhan Penyanyi dan Musisi Hadir dalam Tribute to Iwa K di FLAVS 2023
Tribute to Iwa K di FLAVS 2023 (Ivan Two Putra/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - FLAVS 2023 menghadirkan penghargaan terhadap legenda hiphop Indonesia Iwa Kusuma alias Iwa K. Puluhan penyanyi dan musisi tampil dalam Tribute to Iwa K di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta Utara pada Sabtu, 14 Oktober.

Saykoji, Ipang Lazuardi, Black Skin, Dewi Gita, DPMB, Faye Risakotta, Jamie Aditya, Jayko, Juanita a.k.a. Jaydee, Laze, Matter Mos, P-Squad, Paul Latumahina, The Akar, Tuan Tigabelas dan Yocko tampil membawakan lagu-lagu Iwa K dengan iringan band dan penyanyi latar.

P-Suad tampil membuka Tribute to Iwa K dengan membawakan lagu Tikus Got. Kemudian, pertunjukan dilanjutkan dengan Blackskin yang menampilkan Nombok Dong.

Suasana di Panggung Rhyme & Grind semakin ramai dengan Tuan Tigabelas dan Jamie Aditya yang melantunkan Kram Otak. Selanjutnya, Paul Latumahina membawakan Kuingin Kembali, lagu yang dari album pertama yang membawa Iwa K dikenal sebagai rapper.

Iwa K pun akhirnya tampil ke hadapan penonton yang hadir. Bersama Ipang Lazuardi dan Jamie Aditya, dia membawakan lagu berjudul Jogetin.

Kemudian, kolaborasi Dewi Gita dan Yacko tampil dengan lagu Apa Seeh?, serta kolaborasi Saykoji dan Faye Risakotta membawakan lagu Malam Indah.

Di antara dua repertoar tersebut, lagu ikonik Batman Kasarung ditampilkan. Lagu dengan lirik bahasa Sunda itu dinyanyikan oleh band dan penyanyi latar.

“Untuk Batman Kasarung, semua penampil sudah diminta untuk bawain lagu ini, tapi nggak ada yang bisa. Lagu ini Cuma Iwa K yang bisa bawain,” kata salah satu penyanyi latar.

“Tadi kita nyanyikan pun Cuma pas bagian reff. Terima kasih Iwa K, sudah buat lagu yang nggak bisa dibawakan orang lain,” lanjutnya.

Pada repertoar terakhir, lagu ikonik, Bebas dimainkan. Setiap penonton ikut melantunkan bagian reff lagu ini bersama-sama.

DI atas panggung, Iwa K beserta seluruh penampil pun dihadirkan. Rapper 52 tahun itu pun memeluk para penampil satu per satu. Dia pun menyatakan rasa terima kasihnya atas apa yang dihadirkan malam itu.

“Thank you banget buat semua yang udah datang. Thank you for making hiphop alive. You are the one who's making hiphop alive,” ujar Iwa K.

Selain Iwa K, gelaran FLAVS 2023 hari pertama juga menghadirkan Lil Pump, Endah N Rhesa, Kunto Aji, St. Loco, Mukarakat, dan masih banyak penampil lain.

Tidak hanya itu, terdapat pula BBoy/BGirl Battle, Open Style Battle, dan Beatbox Battle yang berlangsung di Downtown Cypher Stage.

Adapun, gelaran hari kedua pada Minggu, 15 Oktober, FLAVS 2023 akan menghadirkan musisi-musisi lainnya, yaitu Dababy, Maliq & D’Essentials, Tiara Andini, RAN, The Soulful, GAC, Paul Partohap, dan masih banyak lagi.