23 Tahun Bermusik, Andien Bagikan Tips Melawan Rasa Kurang Percaya Diri
Andien (Instagram @andienaisyah)

Bagikan:

JAKARTA - Andini Aisyah Hariadi atau lebih dikenal dengan nama Andien, sudah menjalani karier sebagai solois selama 23 tahun. Dia debut pada tahun 2000, saat usianya masih 15 tahun.

Meski masih terus berkarya hingga saat ini, Andien menyebut perjalanannya tidak mudah. Banyak momen yang membuatnya berhenti karena kurangnya rasa percaya diri.

“Dalam 23 tahun ini banyak banget momen aku kayak semi shut down gitu. Aku merasa kayaknya udah nggak bisa lagi deh, patah arang, putus semangat, kemudian kayaknya nggak ada harapan buat jalaninya lagi,” ujar Andien di SCBD, Jakarta Selatan pekan lalu.

“Sederhananya karena aku nggak percaya diri sih sebenarnya,” inbuhnya.

Banyak pertanyaan muncul di kepala Andien, apakah ia mampu untuk tetap bertahan di industri musik.

Namun begitu, kecintaan pada musik membuatnya tidak bisa begitu saja meninggalkan karier sebagai penyanyi yang sudah dijalani sejak remaja.

“Musik seperti nafas buatku. Karena aku dikit-dikit nyanyi. Mungkin kelihatan aku lagi diam, tapi sebenarnya aku lagi nyanyi di dalam hati. Jadi, mulai dari lagu, musik, lirik, itu semua ada di dalam hati aku. Itu yang menurutku membuat untuk terus bertahan,” tuturnya.

Andien meyakini, ketika dirinya berkarya dengan tulus, tidak ada pilihan lain, industri musik akan terus relevan untuknya.

“Aku rasa industri akan mengikuti, ketika kita memang secara jujur dan nyata berkarya dari dalam hati kita,” kata Andien.

Selama 23 tahun berkarya, Andien sudah mengeluarkan 8 album. Terbaru, ia merilis album Dan Lalu pada 29 September. Album barunya berisikan 7 lagu, dengan lagu Dan Lalu sebagai title track.