Layak! Nirvana Dianugerahi Lifetime Achievement pada Upacara Special Merit Awards
Nirvana (Twitter @RecordingAcad)

Bagikan:

JAKARTA - Nirvana dianugerahi Lifetime Achievement Award dari Recording Academy 2023 di Teater Wilshire Ebell di Los Angeles pada 4 Februari kemarin.

Penerima penghargaan lainnya antara lain serta Ann dan Nancy Wilson dari Heart, Bobby McFerrin, Ma Rainey, Nile Rodgers dan Slick Rick.

Penghargaan tersebut diberikan pada upacara Special Merit Awards, yang kembali untuk pertama kalinya sejak 2020 selama Grammy Week.

Lifetime Achievement Award diberikan melalui pemungutan suara dari wali nasional Recording Academy kepada para musisi yang, selama masa hidup mereka memberikan kontribusi kreatif dengan signifikansi artistik yang luar biasa di bidang rekaman.

Dalam pidatonya, saat menerima penghargaan, bassis Nirvana Krist Novoselic berkata: "Dan mereka mengatakan bahwa Kurt [Cobain, pentolan Nirvana] cerdas atau mungkin dia sok pintar. Dan dia berkata, 'Kecemasan remaja telah terbayar dengan baik.' Ya, sudah. ​​

"Saya membuat surat penggemar — surat penggemar kuno — dan saya mendapat surat dari seluruh dunia, seperti [dari] penggemar Nirvana. Seperti, hanya di seluruh dunia. Banyak anak muda. Ada generasi baru penggemar Nirvana dan saya sangat berterima kasih untuk itu," lanjut sang bassis.

Dibentuk pada tahun 1987 oleh Cobain dan Novoselic, Nirvana muncul dari Pacific Northwest ke panggung dunia dengan merilis album debutnya, Bleach pada tahun 1989.

Dua tahun kemudian, album kedua mereka, Nevermind memicu perubahan seismik dalam budaya anak muda global. Naik ke No.1 di seluruh dunia dan menampilkan single Grammy Hall Of Fame, Smells Like Teen Spirit, dampak Nevermind mengubah Cobain, Novoselic, dan Dave Grohl menjadi salah satu entitas musik paling sukses dan berpengaruh sepanjang masa.

Album studio ketiga dan terakhir Nirvana, In Utero, dirilis pada 1993, menyelesaikan rangkaian tak terhapuskan yang mengembalikan integritas dan semangat rock 'n' roll ke puncak tangga lagu.

Dengan pelantikan ke Rock And Roll Hall Of Fame pada 2014 dan lebih dari 75 juta rekaman yang terjual, Nirvana terus menjadi inspirasi tunggal bagi generasi penggemar dan musisi di seluruh dunia.

Terkait