Lama Tidak Rilis Album, Jay-Z Bantah Pensiun Bermusik
Jay-Z (tangkapan layar)

Bagikan:

JAKARTA - Jay-Z meyakini tidak akan pensiun bermusik. Sudah lima tahun penggemar tidak mendengar rilisan terbarunya sehingga tidak sedikit yang menganggap Jay-Z pensiun.

Kepada Kevin Hart, suami Beyonce ini angkat suara soal kabar tersebut. Ia membenarkan kalau dia sudah lama tidak bekerja di studio.

“Saya tidak tahu apa yang akan terjadi selanjutnya. Saya tidak aktif membuat musik atau album dan saya tidak punya rencana membuat album,” kata Jay-Z kepada Kevin Hart dalam episode terbaru di siniar komedian tersebut.

“Tapi saya tidak akan pernah berkata saya pensiun… ini adalah hadiah (talenta) dan siapa saya untuk mengakhirinya? Saya sangat terbuka dengan kesempatan,” jelasnya.

Jay-Z terakhir kali merilis album berjudul 4:44 pada tahun 2017. Setahun kemudian, ia merilis album kolaborasi dengan sang istri bertajuk Everything Is Love. Keduanya bahkan sempat melaksanakan tur On the Run II.

“Mungkin interpretasinya akan berbeda. Mungkin nanti saya bukan merilis album. Mungkin. Saya tidak tahu,” kata Jay-Z.

Pada tahun 2003, Jay-Z sempat mengumumkan pensiunnya dengan sebuah pesta di Madison Square Garden. Ia mengakhiri masa pensiun itu dengan melepas album Kingdom Come pada tahun 2006.

“Saya sangat letih saat itu. Saya merilis album setiap tahun dan soundtrack, album orang lain, Roc-A-Fella, tur, dan suatu hari saya berpikir saya capek. Saya belum pernah liburan sejak 2000,” kenangnya saat itu.

Jay-Z tidak sepenuhnya menganggur. Kini, ia fokus mengurus perusahaan Roc Nation yang ia kelola sejak 2008. Di sisi lain, sang istri Beyonce produktif bermusik dan siap merilis album terbaru berjudul Renaissance.