Jenis Kunci yang Harus Ada di Jok Motor: Ingat! Hari Apes Tak Ada dalam Kalender!
Foto ilustrasi. (Dok. Dmitriy Demidov - Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Tidak bisa dipungkiri, keberadaan motor dalam upaya meningkatkan mobilitas sangatlah berarti. Dengan kendaraan roda 2 ini, semua terasa dekat. Terlebih buat kalian yang mobilitasnya tinggi serta berada di kota yang lalu lintasnya padat, tanpa motor bisa jadi kalian cuma bakal jadi seseorang yang tidak produktif. Kalian juga mesti tahu apa saja jenis kunci yang harus ada di jok motor, loh!

Tetapi mempunyai motor saja tidak cukup loh!. Demi kenyamanan serta keselamatan berkendara, sebuah motor wajib senantiasa dilengkapi dengan beberapa item di dalamnya. Oleh karenanya kalian wajib tau apa saja peralatan wajib yang mesti selalu ada di jok motor kita. Yuk, simak penjelasan lengkap di bawah ini!

Jenis Kunci yang Harus Ada di Jok Motor

1. Kunci Pas serta Kunci L

Kunci Pas serta Kunci L merupakan hal yang harus kalian sediakan di jok motor. Umumnya kalian bakal langsung mendapat kunci pas saat membeli motor baru.

Kunci pas yang harus ada di motor kita yaitu kunci no 10, 12, 14 serta 16.

Buat kunci L sendiri sesungguhnya tidak terlalu kerap digunakan. Namun buat jaga–jaga, ada baiknya dibawa saja, mengingat ukurannya yang tidak begitu besar serta memakan tempat. Selain itu untuk membuka kaliper rem cakram serta mengencangkan footstep.

2. Kunci Busi

Karena busi merupakan hal pertama yang wajib kalian cek pada saat motor ngadat, kunci busi wajib selalu kalian bawa. Terlebih buat motor yang umurnya sudah cukup lama. Umumnya sering banget tuh buat ngecek busi.

3. Tang serta Obeng

Dua perlengkapan ini tidak boleh absen dari jok motor kalian. Secara, tang merupakan perlengkapan serba guna yang dapat dipakai buat membantu kalian menangani permasalahan di motor. Sementara itu obeng sangat diperlukan buat membuka segala body part dari motor kita. Upayakan beli obeng serta tang dengan ukuran compact buat dapat dibawa di dalam jok motor kita. Dengan adanya kedua barang ini serta kunci pas, nyaris tidak ada permasalahan di jalanan yang tidak dapat diatasi.

Jenis Bawaan Barang Penting Lainnya

  1. Air Radiator ataupun coolant

Buat kalian yang mengendarai motor dengan sistem pendingin semacam Honda Sonic 150R, kalian harus pula bawa coolant. Sebab kadangkala kalian sendiri tak sadar pada saat air di radiator habis, maka tidak ada salahnya buat membawa coolant buat jaga–jaga.

Tetapi ingat, jangan campur coolant dengan air biasa. Sebab air biasa rata-rata memiliki isi mineral yang dapat menimbulkan korosi pada radiator. Tidak hanya itu hendaknya kalian memakai satu jenis coolant, sebab menggabungkan 2 coolant dengan merk berbeda pula sangat tidak disarankan.

  1. Lap PVA

Lap PVA ataupun yang biasanya disebut lap kanebo merupakan salah satu yang harus kalian bawa. Adakalanya pada saat hujan turun serta jok motor basah, keberadaan kanebo ini dapat mengeringkan jok motor. Jadi kalian tak bakal duduk di jok yang basah. Tidak hanya itu kanebo ini dapat menolong kalian membersihkan zona di sekitaran shockbreaker biar kotoran tidak merusak seal dari suspensi.

  1. Jas Hujan serta Shoe Cover

Keadaan jalan tidak bakal pernah mudah buat ditebak. Bisa saja kalian berangkat pas panas terik matahari masih menyengat, serta kembali ketika hujan mulai membumi. Saat semacam ini jas hujan bakal sangat berguna bila kalian membawanya di dalam bagasi motor. Yakinkan seluruh tubuh kita terlindungi dari air hujan. Jangan sampai kalian kehujanan serta malah masuk angin. Tidak hanya itu ada baiknya memakai shoe cover biar sepatu kita tidak ikutan basah.

Sesungguhnya masih ada lagi sebagian peralatan lain yang dapat menambah kenyamanan serta keselamatan berkendara yang lain. Tetapi sebab ukuran bagasi motor berbeda–beda, cukup 6 item ini saja yang wajib kalian bawa. Mudah-mudahan dengan selalu membawanya, kalian tidak bakal menemui permasalahan-permasalahan yang fatal di jalanan.

Selain itu, kami juga menyediakan artikel untuk rekomendasi “Pilihan Sepeda Listrik Murah untuk Olahraga” yang bermanfaat banget untuk hidup kalian.

Jadi setelah mengetahui jenis kunci yang harus ada di jok motor, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!