9 Barang yang tidak Boleh Disimpan di Bagasi Motor, Cek Daftarnya!
Ilustrasi barang disimpan di bagasi motor (Dok. AHM)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Saat ini, motor-motor keluaran terbaru sudah dibekali dengan bagasi yang cukup luas. Keberadaan bagasi motor memudahkan pengendara ketika ingin menyimpan barang-barang kebutuhannya. Sayangnya, tidak semua barang bisa disimpan di bagasi motor. Lantas, apa saja barang yang tidak boleh disimpan di jok motor? Yuk, simak informasi selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Barang yang tidak Boleh Disimpan di Bagasi Motor

Barang yang tidak boleh disimpan di jok motor adalah barang yang berpotensi mengalami kerusakan serta yang dapat menyebabkan hal-hal buruk pada kendaraan bermotor.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut sederet barang yang tidak boleh disimpan di jok motor:

1. Jas hujan yang masih dalam kondisi basah

Barang yang tidak boleh disimpan di bagasi motor yang pertama adalah jas hujan yang masih dalam kondisi basah. Kebiasaan ini sangat sering dilakukan oleh pengendara, terlebih pada saat musim hujan.

Jas hujan yang masih basah tidak boleh disimpan atau ditaruh di bagasi motor yang bersuhu panas. Khususnya, untuk jas hujan dengan bahan polyester dan gore tech.

Menyimpan jas hujan basah di bagasi yang panas bisa membuat jas hujan tersebut cepat rusak. Untuk mencegah kerusakan, sebaiknya keringkan terlebih dahulu setelah dipakai, baru kembali disimpan.

2. Botol kaca berisi alkohol atau cairan berbahaya lainnya

Barang yang tidak boleh disimpan di bagasi motor yang berikutnya adalah botol kaca yang berisi cairan. Terlebih bilah cairan tersebut mengandung alkohol atau cairan berbahaya lainnya. Botol kaca tersebut bisa saja pecah dan berdampak pada kebocoran.

3. Parfum

Parfum termasuk barang atau benda yang tidak boleh disimpan di bagasi motor. Parfum adalah cairan yang mudah menguap dan dapat memicu bensin yang ada di dalam motor untuk memercikan api.

4. Korek api

Menyimpan korek api atau korek api gas di dalam bagasi motor adalah hal yang tidak diperkenankan. Pasalnya, korek api yang terpapar suhu panas di bagasi motor bisa mengakibatkan ledakan, dan tentu berbahaya untuk pengguna.

5. Powerbank

Bagasi motor mempunyai suhu yang cukup panas ketika motor sedang berjalan. Hal ini karena posisi bagasi berdekatan dengan mesin dan tidak memiliki sirkulasi udara.

Bila bagasi digunakan untuk menyimpan barang elektronik seperti powerbank, perangkat tersebut berpotensi terbakar karena kepanasan.

6. Alat make up

Peralatan make up yang disimpan di bagasi motor bisa mengalami kerusakan karena terpapar suhu panas yang tinggi. Selain itu, peralatan make up juga berpotensi pecah akibat guncangan ketika motor sedang berjalan.

7. Obat-obatan

Ketika sedang berkendara jauh, tak sedikit pengendara yang menyimpan obat-obatan di bagasi motor. Padahal, kebiasaan ini tidak boleh dilakukan, karena suhu panas di bagasi motor bisa merusak obat-obatan tersebut.

8. Minuman berkarbonasi

Barang atau benda yang tidak boleh disimpan di bagasi motor yang berikutnya adalah minuman berkarbonasi. Jenis minuman ini bisa menyebabkan kebocoran atau ledakan akibat paparan suhu panas dan goncangan ketika motor sedang berjalan.

9. Sayuran dan buah-buahan

Menyimpan sayur dan buah-buahan di bagasi jok motor merupakan kesalahan. Suhu panas di bagasi bisa merusak sayur dan buah-buahan yang Anda beli.

Demikian informasi tentang barang yang tidak boleh disimpan di bagasi motor. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.