Ketahui Ciri-Ciri Kampas Kopling Mobil Habis, Pemilik Kendaraan Wajib Tahu!
Ilustrasi (Pixabay/Mikes-Photography)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Kampas kopling mobil (clutch disc) merupakan komponen yang sangat berguna dalam pemindah daya pada mesin mobil. Seiring berjalannya waktu, komponen ini dapat mengalami keausan. Jika ciri-ciri kampas kopling mobil habis sudah terlihat, pemilik kendaraan harus segera mengganti komponen tersebut.

Kampas kopling yang sudah aus atau habis namun tidak diganti, dapat menyebabkan kerusakan yang lebih parah. Akibatnya, peforma mobil akan menurun hari demi harinya.

Ciri-Ciri Kampas Kopling Mobil Habis

Dirangkum dari berbagai sumber, Miinggu, 5 Maret 2023, berikut ciri-ciri kampas kopling mobil habis dan perlu diganti.

  1. Muncul bau hangus

Ciri-ciri kampas kopling mobil habis atau aus dapat dideteksi dengan indera penciuman. Kampas kopling mobil yang habis karena terbakar akan memunculkan bau hangus.

Bau hangus ini mulanya tidak tercium dikabin. Akan tetapi, jika kampas kopling sudah menipis, bau gosong akan menyebar ke dalam mobil.

Clutch disc memang kerap mengalami keausan hingga terbakar karena masalah-masalah tertentu. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan dalam jangka panjang serta pemakaian yang salah.

  1. Pedal kopling tampak lebih tinggi

Ketika kampas kopling mulai aus, pedal kopling akan terlihat lebih tinggi. Akibatnya, jarak injak pedal kopling menjadi lebih pendek.

Pada sebagian mobil, pedal kopling memang bisa diatur ketinggiannya. Akan tetapi, jika posisi pedal naik tiba-tiba, bisa jadi kampas kopling mobil sudah aus atau bahkan habis.

  1. Akselerasi menurun

Ciri-ciri kampas kopling mobil habis yang lainnya yakni akselerasi mobil menurun. Ketika kampas kopling mulai aus, tenaga yang dihasilkan dari putaran mesin tidak akan tersalurkan dengan baik pada transmisi.

Ketika pengemudi menginjak pedal gas mobil, kecepatan mesinnya tidak bertambah. Kampas kopling yang habis akan membuat mesin menjadi berdecit atau bahkan meraung. Akselerasi lemah ini wajib diperhatikan oleh pemilik mobil karena akan berpengaruh pada kondisi mobil kedepannya.

Ilustrasi Kampas Kopling Mobil
Ilustrasi kampas kopling mobil (Foto: Istimewa)

Jika kampas kopling sudah benar-benar habis, mobil bisa masuk ke kondisi macet. Kondisi ini bisa membahayakan keselamatan penumpang. Oleh sebab itu, jika Anda sudah merasakan akselerasi mobil berkurang, segera ganti kampas kopling yang lama dengan yang baru.

  1. Perpindahan persneling terasa berat

Perpindahan persneling yang terasa berat merupakan salah satu ciri kampas kopling mobil habis.

Kampas kopling yang mengalami keausan, akan membuat mesin terus berputar tanpa henti. Perputaran yang terus menerus membuat transmisi sulit terhubung. Akibatnya, tuas pemindah gigi akan menjadi keras dan kaku.

Supaya kondisi ini dapat kembali normal, Anda perlu mengganti kampas kopling yang lama dengan yang baru.

  1. Mesin menjadi cepat panas

Ciri-ciri kampas kopling mobil habis yang terakhir adalah suhu mesin menjadi cepat panas.

Sedianya, mesin mobil cepat panas saat digunakan adalah hal yang wajar. Mengingat, ada banyak energi yang diolah mesin ketika mobil bergerak.

Akan tetapi, Anda patut curiga ketika mesin menjadi cepat panas pasahal mobil sedang digunakan dalam keadaan normal. Mesin yang cepat panas merupakan pertanda bahwa kampas kopling sudah mulai menipis.

Ketika kampas kopling menipis atau bahkan habis, rotasi mesin akan meningkat karena permukaannya licin.

Putaran pada mesin yang di luar kondisi normal ini dapat menjadikan suhu mesin kendaraan meningkat secara drastis.

Demikian informasi tentang ciri-ciri kampas kopling mobil habis. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan pembaca setia VOI.ID.