Sukmawati Soekarnoputri Jalani Upacara Pindah Agama Hari Ini
Sukmawati Soekarnoputri (DOK ANTARA)

Bagikan:

DENPASAR – Upacara pindah agama dari Islam ke Hindu yang dijalani oleh Diah Mutiara Sukmawati Soekarnoputri bakal digelar hari ini, Senin, 25 Oktober.

Rangkaian upacara akan diselenggarakan di kawasan Sukarno Center Heritage di Bale Agung, Singaraja, Kabupaten Buleleng, Bali.

Sukmawati lakukan upacara ruwatan

Penglingsir Pasek Bale Agung, Jro Made Arsana sekaligus penanggung jawab upacara mengatakan, hari ini Sukmawati akan melakukan upacara ruwatan atau penglukatan di pantai.

"Ada acara ruwatan tanggal 25 nanti sore di pantai. Besok baru ada acara seremonial," kata Arsana saat dihubungi Senin, 25 Oktober.

Arsana mengatakan, upacara atau ritual Sukamawati pindah agama tidak mengundang orang lain. Prosesi ini hanya dihadiri keluarga dan tertutup.

"Tidak ada (mengundang) orang. Tidak mengundang siapa pun hanya acara keluarga. Iya tertutup," imbuhnya.

Selain itu, Arsana mengatakan, perpindahan keyakinan Sukamawati sudah melalui proses yang panjang. Sukmawati selama ini juga sudah lama mendalami ajaran Hindu.

"Jadi penuturan dari saudaranya atau anak-anaknya dari kelima saudaranya. Ini memang dilihat Sukamawati sudah (memang ingin) ke Hindu. Apalagi dia pernah menikah dengan di Keraton ke Jawen sudah lama, dia sudah mendalami Hindu," ujarnya.

Selain itu, perpindahan Sukamawati bertepatan dengan hari ulang tahunnya yang ke-70. Prosesi upacara ritual pindah agama Sukmawati Soekarnoputri akan berlangsung selama dua hari hingga 26 Oktober.

"Sekarang momentumnya, bertepatan dengan hari ulang tahun dia pada tanggal 27 Oktober yang ke 70. Jadi, kami di Balai Agung dimintakan bantuan untuk upacara ini. Kami sudah siap," ujar Arsana.

Artikel ini telah tayang dengan judul Prosesi Ritual Pindah Agama Sukmawati Soekarnoputri Dimulai Hari Ini dengan Ruwatan di Pantai.

Selain informasi soal Sukmawati pindah agama, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!