7 Cara Meningkatkan Dukungan Emosional dalam Hubungan Berpasangan
Ilustrasi dukungan emosional dalam hubungan berpasangan (Unsplash/Edward Cisneros)

Bagikan:

JAKARTA – Ketika pasangan tak saling mendukung secara emosional, hubungan akan terasa dingin dan berjarak. Fase ini kerap dialami tetapi bisa diatasi apabila segera disadari. Dilansir VOI, tanda kurang dukungan emosional bisa dirasakan dari cara berkomunikasi dan perhatian yang terbatas.

Untuk membangun kembali emotional support atau dukungan emosional Anda dan pasangan, bisa dengan melakukan cara-cara berikut di bawah ini.

1. Mengupayakan dan menunjukkan rasa terima kasih

Setiap upaya yang telah dilakukan perlu dihargai. Seperti halnya ketika pasangan memberikan sedikit perhatian, ini perlu Anda hargai dan ucapkan terima kasih pada pasangan Anda. Cara ini membuat pasangan Anda merasa dihargai dan bersama-sama bisa memperbarui hubungan emosional.

2. Berikan pujian

Saat pertama kali berkomitmen, seringkali pasangan mengucapkan sederet pujian. Tetapi seiring berjalan waktu, pujian kerap luput tetapi kebutuhan tidak pernah surut. Sesekali, berikan kejutan pasangan dengan memuji hal kecil yang ia lakukan untuk hubungan.

3. Atur waktu untuk berdua

Kesibukan masing-masing setiap orang yang berpasangan membuat waktu istirahat enggak satu ritme. Malam hari hanya sempat diisi untuk tidur dan sehari-hari sibuk dengan urusan sendiri-sendiri. Maka mengagendakan waktu untuk berdua itu penting agar terhubung kembali secara emosional dan fisik.

4. Beri hadiah

Hadiah tak selalu mewah, Anda bisa memberikan hadiah berupa tiket nonton bioskop ataupun makanan favorit pasangan Anda untuk membuatnya mengerti bahwa Anda mengerti apa yang diinginkan pasangan.

5. Berkomunikasi non-verbal

Dilansir Marriage, Jumat, 8 Oktober, sebagian besar kedekatan dan dukungan datang melalui komunikasi non-verbal. Bentuk komunikasi ini berupa pelukan, ciuman, pegangan tangan, dan kontak fisik dengan pasangan.

6. Bertanya, mendengarkan, dan berempati

Cara yang perlu dihindari dalam membangun kedekatan emosional adalah mencoba memperbaiki keadaan dan memberikan komentar yang tidak diperlukan. Pasangan disarankan berfokus untuk mengajukan pertanyaan dan mendengarkan dengan penuh perhatian.

Ketika berbincang berdua, sertakan isyarat non-verbal yang menunjukkan Anda memperhatikan seperti kontak mata, menyentuh tangan, dan mematikan gawai Anda.

7. Menghormati emosi pasangan

Untuk meningkatkan emotional support dengan pasangan perlu sama-sama menghormati emosi pasangannya. Jika Anda tidak dapat memahami perspektif mereka saat ini, tunjukkan tanda kasih sayang non-verbal dan tetap hadir disampingnya.