Wajib Tahu! Ini 6 Jenis Jam Tangan Beserta Fungsinya
Ilustrasi. (Pexels).

Bagikan:

DENPASAR – Jam tangan merupakan aksesoris fungsional yang banyak digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia.

Perlu diketahui, jam tangan memiliki banyak jenis. Selain bentuk dan material, perbedaan paling jelas biasanya dari segi mesin, baterai, dan tampilan penunjuk waktunya. Yuk kenali jenis-jenis jam tangan berikut!

Jam tangan analog

Jenis jam analog bisa dibilang yang paling umum dan banyak jadi pilihan. Disebut jam analog karena memiliki tiga jarum, untuk penunjuk detik, menit, dan jam. Jam tangan satu ini terbilang sederhana dan elegan karena tampilannya cukup klasik.

Jam tangan digital

Pengertian jam digital sendiri merujuk pada penggunaan LCD sebagai tampilan utamanya. Alih-alih menggunakan jarum jam, pada jam digital penunjuk waktunya menggunakan angka atau numeric. Biasanya jam digital juga sudah dilengkapi tanggal, stopwatch, dan lampu untuk melihat jam saat gelap.

Jam tangan chronograph

Untuk jenis chronograph ini memadukan penunjuk waktu analog dan stopwatch. Biasanya tampilan jam ini memiliki tiga tombol di samping untuk mengatur stopwatch. Jam  chronograph

juga biasanya punya dua sampai tiga subdial pada dial utamanya untuk penunjuk detik, menit, dan jam. Buat yang sering kesulitan melihat waktu pada jam analog, sepertinya jenis yang ini nggak disarankankan karena tampilannya lebih rumit.

Jam tangan quartz

Quartz di sini bukan merk jam, tetapi sebuah teknologi yang dipakai untuk menghemat baterai pada jam. Jam quartz dikenal punya tingkat akurasi yang tinggi.

Self winding watch

Keunikan dari jenis jam ini adalah nggak menggunakan baterai sebagai tenaganya. Jadi jam akan bekerja lewat gerakan penggunanya. Dari gerakan saat dipakai, akan menggerakkan komponen yaitu rotor. Ketika jam disimpan, jam juga bisa menyimpan sisa tenaga dan akan mati jika habis. Kemudian, jam bisa aktif kembali ketika dipakai dan bergerak terus.

Smartwatch

Kalau yang satu ini jam paling kekinian dan modern. Smartwatch ini nggak cuma bisa lihat waktu, tetapi punya banyak fitur canggih, termasuk GPS, kamera, bisa melihat pesan masuk, notifikasi media sosial, kalendar, dan fungsi-fungsi yang bisa merekam aktivitas sehari-hari, seperti menghitung langkah kaki, hingga memantau kualitas tidur.

Artikel ini telah tayang dengan judul Mengenal 6 Jenis Jam Tangan Berdasarkan Tampilan dan Kegunaannya.

Selain informasi soal jenis jam tangan, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!