Butuh Komitmen, Pertimbangkan 5 Hal Ini sebelum Membeli Banyak Tanaman Hias dalam Satu Waktu
Ilustrasi butuh komitmen sebelum membeli tanaman hias (Unsplash/Zoe Deal)

Bagikan:

JAKARTA – Merawat tanaman hias seperti halnya menjaga kehidupan makhluk hidup. Apabila tidak memiliki komitmen, kebutuhan perawatan tanaman tidak akan terjamin kesuburannya. Artinya sebelum membeli tanaman hias yang banyak dalam satu waktu, pertimbangkan cara tepat merawatnya.

Pertimbangkan pula 5 hal berikut yang berkaitan dengan komitmen Anda dalam merawat tanaman hias di rumah.

1. Situasi di tempat tinggal Anda

Tanaman membutuhkan adaptasi ketika berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Ketika membeli, pertimbangkan dulu segala situasi di rumah Anda. Seperti apakah keluarga satu rumah mendukung perawatannya juga, hewan peliharaan, dan penempatan tanaman.

2. Tingkat kelembapan

Setiap jenis tanaman memiliki kemampuan bertumbuh pada kelembapan tertentu. Misalnya, calathea maupun aglonema tidak akan tumbuh subur dengan kelembapan yang rendah. Tetapi akan menguning dan layu jika diletakkan pada kelembapan tinggi.

Ini berarti, Anda perlu riset setiap tanaman yang akan dirawat. Keperluannya apa dan bagaimana cara merawatnya dengan tepat.

3. Paparan sinar matahari

Sebelum ‘lapar mata’ dan memilih banyak tanaman untuk menghias rumah, cek dulu akan diletakkan di mana. Apakah di luar ruangan dengan terik matahari langsung atau di tempat teduh.

4. Bagi pemula, pilih tanaman hias yang pas

Masih berkaitan dengan komitmen, tanaman hias yang mudah dirawat bisa membentuk tanggung jawab yang ringan dulu. Misalnya, rutin menyiram dua hari sekali pada musim penghujan dengan jenis tanaman lidah mertua. Atau menyiram sehari sekali pada musim kemarau untuk jenis tanaman berdaun seperti philodendron.

5. Media tanam dan pot dengan drainase baik

Mulai dari penggunaan media tanam hingga memilih pot dengan drainase tepat, perlu dipertimbangkan. Sebab, kedua hal ini penting untuk tumbuh tanaman. Apabila drainase pot buruk, akar tanaman bisa membusuk atau sebaliknya, mengering.

Sedangkan media tanam, setiap tumbuhan memiliki kebiasaan yang berbeda-beda dalam alur hidupnya. Seperti tanaman yang diletakkan di dalam ruangan, butuh jenis media tanam yang berpori dan memiliki daya serap air yang baik.

Selain lima pertimbangan yang telah disebutkan di atas, dalam kondisi tertentu tanaman butuh diganti media tanam, diberi pupuk, maupun repotting.

Apakah poin-poin di atas sudah menjadi pertimbangan Anda ketika memutuskan untuk memborong tanaman hias yang unik, cantik, ataupun eksotis?