Istirahat Saja Tidak Cukup, Ketahui 5 Cara Efektif Mengatasi Kelelahan
Ilustrasi kelelahan (Pexels/Andrea Piacquadio)

Bagikan:

JAKARTA – Banyak faktor yang menyebabkan kelelahan, antara lain karena aktivitas yang padat ataupun pikiran yang berat. Diantara padatnya kegiatan dan pikiran, tubuh membutuhkan asupan yang cukup.

Kelelahan bisa disebabkan asupan gizi yang kurang. Bisa juga diakibatkan aktivitas yang menuntut banyak sedangkan kapasitas waktu maupun badan tidak setara dengan yang telah dilakukan.

Pada intinya, kelelahan disebabkan oleh faktor gaya hidup. Dikutip dari Medical News Today, kelelahan atau fatigue paling umum disebabkan masalah pada kesehatan mental, faktor hormonal, efek dari obat-obatan, kondisi jantung serta paru-paru, dan tidur tidak cukup.

Supaya tidak berlarut-larut bahkan mengganggu produktivitas Anda, kelelahan perlu diatasi secara efektif tanpa menimbulkan efek baru, misalnya dengan minum obat. Tanpa minum obat, selama istirahat seimbang dengan aktivitas maka kelelahan bisa terselesaikan.

Namun, rekomendasi dilansir Healthline, Selasa, 7 September, merekomendasikan cara untuk menjaga tubuh tetap seimbang dan sehat secara fisik maupun mental. Cek cara berikut.

1. Minum lebih banyak air mineral

Cairan dalam tubuh berkontribusi pada banyak hal terkait dengan kesehatan fisik maupun mental. Termasuk menjaga tubuh terhidrasi dengan baik dan menjaga tetap fit di tengah padatnya aktivitas Anda.

Meskipun minum air mineral bukan satu-satunya cara, tetapi langkah ini bisa mensuport tubuh menghasilkan energi lewat kinerja metabolisme yang optimal.

2. Kurangi kafein

Harus menyelesaikan tugas hingga larut dan mengonsumsi kafein berlebihan, justru membuat tubuh Anda lemas keesokan harinya. Sesekali tak akan menimbulkan masalah yang signifikan, tetapi apabila dilakukan sering maka akan menguras energi.

3. Mengelola stres

Banyak aktivitas tentu pikiran bekerja dengan keras. Pikiran yang melompat-lompat sebab mengerjakan banyak hal berefek pada kelelahan. Untuk itu perlu pandai-pandai mengelola stres dengan merilis secara positif. Misalnya, dengan menikmati waktu istirahat seminim apapun atau rutin bermeditasi dan yoga.

4. Olahraga teratur

Olahraga rutin, berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2008, membuktikan dapat meminimalisir kelelahan. Ini melatih tubuh untuk memproduksi energi secara teratur serta membantu menyeimbangkan hormon, salah satunya hormon endorfin.

5. Atur pola makan sehat

Pola makan yang sehat tidak hanya nikmat pada indra pengecap, tetapi juga membantu tubuh Anda mendapatkan nutrisi cukup. Selain itu, makanan sehat memiliki kandungan nutrisi yang menyokong aktivitas produktif.

Dari cara-cara di atas, penting bagi Anda untuk menjaga keharmonisan tubuh. Mulai dari mengontrol pola hidup hingga mengelola dinamika metabolisme serta pikiran.