Kunto Aji Kumandangkan Persatuan Lewat Lagu Bertema Nasionalisme
Kunto Aji. (Antara).

Bagikan:

DENPASAR – Lagu-lagu dengan tema kemerdekaan atau nasionalisme sangat penting karena bisa membangkitkan semangat persatuan. Solois Kunto Aji yakin lagu bertema kemerdekaan juga bisa membangkitkan semangat di tengah situasi pandemi COVID-19 yang melanda seluruh dunia termasuk Indonesia.

"Situasi sekarang ini, yang paling harus dihindari adalah perpecahan. Apapun pendapat kita tentang cara mengatasi pandemi itu sebaiknya dirundingkan bersama. Solusi bersama itu sangat penting karena kita melewati ini bersama-sama dan musik bisa jadi salah satu mediumnya," kata Kunto Aji dikutip dari ANTARA, Selasa, 17 Agustus.

Lagu bertema nasionalisme jadi pengingat

Kunto Aji menambahkan, lagu bertema nasionalisme juga dapat menjadi pengingat bahwa kemerdekaan Indonesia didapatkan berkat rasa persatuan yang tinggi.

"Bagaimana dulu kita bisa merdeka itu ya karena kita bersama, bahu-membahu, dan itu semangat yang harus kita bawa juga di masa sekarang," imbuhnya.

Untuk membangkitkan semangat persatuan melalui lagu nasionalisme, menurut Kunto Aji, musisi tidak harus membuat lagu baru melainkan bisa dengan mengaransemen ulang lagu yang sudah populer.

Kunto Aji mengatakan, menyampaikan pesan nasionalisme dengan membawakan ulang lagu yang sudah populer sebelumnya justru akan lebih efektif dibandingkan dengan membuat lagu baru di masa sekarang.

"Menurut saya lebih efektif, karena kalau lagu baru di situasi seperti ini kayaknya belum tentu works ya, malah butuh ekstra effort. Tapi dengan me-recycle, orang hanya tinggal diingatkan kembali," tutur Kunto Aji.

Pernyataan tersebut senada seperti apa yang dilakukan oleh penyanyi lagu Pilu Membiru itu. Baru-baru ini, Kunto Aji bersama empat musisi lainnya terlibat dalam proyek yang diprakarsai oleh Resso.

Dalam proyek itu, Kunto Aji, Rossa, Rayi Putra, Aurelie, dan Dipha Barus, membawakan ulang lagu "Zamrud Khatulistiwa" yang dipopulerkan penyanyi legendaris Chrisye pada 1996. Lagu yang sarat akan makna optimisme dan mengingatkan tentang kekayaan Indonesia itu diaransemen ulang dengan nada-nada kekinian dan telah dirilis pada Jumat, 13 Agustus.

Artikel ini telah tayang dengan judul Kunto Aji Sampaikan Pesan Nasionalisme Lewat Lagu Bertema Kemerdekaan.

Selain informasi soal Kunto Aji, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!