Istri Menolak Bercinta, Tanyakan 5 Hal Penting Ini
Ilustrasi pasangan sedang berpelukan (Pexels/Andrea Piacquadio)

Bagikan:

JAKARTA – Bagi pasangan suami istri, bercinta merupakan rutinitas intim untuk menjaga kedekatan. Baik kedekatan emosional maupun fisik. Pada awal pernikahan, bercinta mungkin intensitasnya lebih sering. Tetapi jika istri menolak untuk bercinta suatu kali, Anda perlu menanyakan sejumlah pertanyaan.

Pertanyaan tersebut untuk memastikan kondisi kesehatan fisik, kesehatan reproduksi, dan kondisi emosional sang istri. Dilansir To Love, Honor, dan Vacuum, Senin, 9 Agustus, berdasarkan survei yang dilakukan kepada 2.000 wanita dan dibukukan dalam The Great Sex Rescue melaporkan.

Bahwa 73 persen pernikahan memiliki masalah, terutama ketika istri menolak diajak bercinta. Masalah tersebut antara lain kurang intim saat berhubungan seksual, anorgasmia, vaginismus, disfungsi seksual pria, dan penggunaan porno.

Pertama yang perlu diperhatikan, hindari berasumsi dahulu sebelum mengutarakan sejumlah pertanyaan di bawah ini. Kedua, penolakan bukan karena kesalahan satu orang, tetapi cara pasangan untuk menyelesaikannya bersama.

1. Tanyakan tentang seberapa kesenangan yang dialami istri ketika bercinta

Pertanyaan ini, sebenarnya perlu diutarakan setiap kali setelah bercinta. Ketika Anda mulai terbiasa dengan berhubungan intim, biasanya jadi luput memastikan bahwa istri merasakan kesenangan seenggaknya sama seperti yang Anda rasakan.

2. Adakah rasa sakit yang dialami istri setelah bercinta

Sebuah penelitian kepada wanita kelompok tertentu, 7 persen dari mereka mengalami rasa sakit setelah aktivitas seksual sehingga tidak mungkin dilakukan penetrasi.

Ini tentu tidak nyaman, tetapi enggan untuk terbuka karena tidak terbiasa membicarakan hal-hal penting terkait alat reproduksi masing-masing setelah bercinta.

Maka, jika istri menolak bercinta tanyakan apakah ada rasa sakit yang pernah dialami setelah bercinta. Jika ya, Anda dan istri butuh berdiskusi lebih mendalam tentang teknik yang tepat agar tidak melukai dan sama-sama mendapatkan kesenangan dalam aktivitas seksual.

3. Diskusikan tentang seks, apa seks menurut istri dan Anda

Banyak pasangan memiliki hasrat seksual yang tinggi. Mereka merasa berhubungan seks adalah momen paling intim. Namun, ini tidak selalu berarti bahwa mereka bercinta untuk membangun keintiman fisik dan emosional.

Terkadang, kita menukar keintiman dengan seks, dan sebenarnya kita kehilangan makna dari kedua hal tersebut.

4. Bagaimana dengan rasa saling percaya?

Bercinta membutuhkan rasa saling percaya, jika berkurang kadarnya maka rasa enggan bercinta mungkin bisa muncul. Menurunnya rasa saling percaya bisa dipicu berbagai penyebab, maka selain menanyakan pada istri lakukan juga hal reflektif.

Untuk berdiskusi, hindari mengekspresikan dengan nada tinggi. Cobalah sama-sama rileks, saling terbuka, dan bertukar pikiran.

5. Apakah rasa percaya dirinya menurun?

Banyak orang mengalami rasa malu dan insecure dalam aktivitas seksual. Bisa jadi penolakan istri untuk bercinta karena ia sedang merasa down dan butuh dukungan. Cobalah utarakan pertanyaan sederhana tanpa kesan mengintrogasi.

Tunjukkan bahwa Anda bisa mengerti dan berkomitmen untuk mendampingi menyelesaikan persoalan yang jadi alasan istri menolak bercinta.