Kenali 5 Bahaya Konsumsi Telur Ayam Terlalu Banyak
Ilustrasi telur ayam. (Pixabay).

Bagikan:

DENPASAR – Telur ayam merupakan bahan makanan yang kerap dijadikan sebagai lauk untuk makan. Telur ayam memang bernutrisi, tetapi, terlalu banyak mengonsumsi telur ayam bisa berbahaya bagi kesehatan.

Berikut beberapa masalah kesehatan yang mungkin timbul akibat terlalu banyak mengonsumsi telur ayam:

1. Meningkatkan kolesterol

Dalam satu butir telur ukuran besar mengandung 186 mg kolesterol. Sedangkan batas ideal dalam satu hari, setiap orang membutuhkan kolesterol sebanyak 300 mg. Artinya, satu hari hanya aman mengkonsumsi 1 butir telur ayan.

Ukuran tersebut berdasarkan asumsi bahwa menu makanan sehari mengandung nutrisi lainnya, seperti protein dari daging, susu, maupun protein nabati dari tahu atau tempe. Saran yang dilansir Mayo Clinic, Sabtu, 7 Agustus, agar tetap aman bisa membatasi asupan putih telurnya saja.

2. Meningkatkan risiko penyakit jantung

Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh bisa mempengaruhi kesehatan jantung. Apabila tak terkendali, risiko penyakit kardiovaskular akan dialami.

3. Perut kembung

Masalah pencernaan juga bisa jadi efek samping terlalu banyak makan telur ayam. Dilansir Healthline, gejala intoleransi telur antara lain perut kembung, kram perut, mual dan muntah, hingga sakit kepala.

4. Resistensi insulin

Efek samping yang signifikan terjadi ketika konsumsi telur 4 butir sehari. Kondisi ini tidak sehat, sebab bisa memicu penyakit jantung dan resistensi insulin.

5. Muncul bisul atau jerawat

Bisul atau jerawat bisa disebabkan oleh meningkatnya hormon progesteron dalam tubuh. Progesteron juga ada dalam sebutir telur. Nah, apabila mengonsumsi telur ayam setiap hari, maka lebih baik beri jeda.

Selain itu, dalam putih telur ditemukan albumin, yang mana kandungan tersebut sulit dicerna. Efek buruknya bisa menymbat sistem limfatik dan membikin area dagu, lubang hidung, pipi mengalami peradangan.

Karena setiap orang memiliki sistem metabolisme dan kebutuhan nutrisi, terlebih protein dalam telur ayam, yang berbeda-beda. Maka perhatikan setiap perubahan pada tubuh yang dialami setelah makan telur ayam. Jika dikonsumsi dalam takaran yang pas, efek samping mungkin tidak akan dialami.

Artikel ini telah tayang dengan judul 5 Efek Samping Terlalu Banyak Makan Telur Ayam.

Selain informasi soal bahaya konsumsi telur ayam terlalu banyak, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!