Biar Asma Tak Mudah Kambuh, Ini 5 Jenis Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi
Ilustrasi (Thirdman/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Asma merupakan penyakit jangka panjang yang ditandai dengan adanya penyempitan pada pernafasan sehingga membuat penderitanya kesulitan untuk bernafas. Penderita asma juga akan mengalami gejala seperti nyeri dada, batuk, dan mengi. Jangan salah, asma dapat menyerang siapa saja tanpa mengenal usia. 

Penyebab asma secara pasti hingga saat ini belum dapat ditentukan. Namun, umumnya asma disebabkan karena alergi tertentu, debu, stres, iklim, bulu binatang, aktivitas fisik, infeksi virus, atau terpapar zat kimia. 

Tapi, Anda harus tahu ternyata makanan juga dapat memberikan dampak tak baik bagi penderita asma. Melansir laman Herstory, Kamis, 5 Agustus, berikut jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita asma.

Kacang

Meskipun kacang dapat menimbulkan asma, namun kacang tak serta merta dapat menjadi pemicu asma bagi sebagian orang. Asma yang ditimbulkan dari kacang biasanya karena ada riwayat alergi terhadap kacang. 

Kerang

Seafood yang satu ini juga dapat memicu asma kambuh karena ia berpotensi menyebabkan alergi. Penting untuk diketahui, asma dapat kambuh karena adanya alergi. Jika Anda memang sudah alergi kerang, sebaiknya menghindari seafood lain seperti kepiting, udang, lobster, dan tiram. 

Makanan Instan

Makanan instan memang selalu menyajikan hal yang nikmat dan tentunya mudah. Tapi, sayangnya makanan instan juga dapat memicu asma. Hal ini dikarenakan adanya kandungan bahan pengawet sodium bisulfite, potassium bisulfite, sodium metabisulfite, potassium metabisulfite dan sodium sulfite.

Acar

Makanan pendamping yang satu ini mudah ditemui dimana pun salah satunya pada martabak asin atau nasi goreng. Tapi bagi Anda yang menderita asma sebaiknya menghindari acar karena ia mengandung sulfit yang berperan sebagai pengawet. Makanan yang disajikan dengan saus lobak atau saus salad juga sebaiknya dihindari agar asma tak kambuh. 

Wine atau Bir

Tak cuma makanan, minuman pun bisa menjadi penyebab asma kambuh. Kandungan sulfit yang ada pada wine atau bir dapat memicu asma. Histamin dalam anggur juga dapat menimbulkan gejala mata berair, bersin, dan mengi. Jika saat minum bir Anda merasa batuk dan mengi, sebaiknya segera berhenti dan pilihlah air putih.